Contoh Teks Ulasan Novel, Struktur Lengkap dan Manfaat Pembuatannya

Text Ulasan Novel – Bagi anda penggemar novel, mungkin anda sudah mengkoleksi banyak novel seperti novel Laskar Pelangi, novel Surat Kecil Untuk Tuhan, Bumi Manusia, Surat Untukmu Sahabat dan lainnya.

Dengan membaca novel tentu akan menambah wawasan kita. Tapi pernahkah anda membuat sebuah contoh teks ulasan novel?

Membuat ulasan tentang novel yang sudah dibaca setelah anda selesai membaca semua isi novel. Dengan membuat ulasan singkat maka anda bisa mengingat kembali apa saja isi novel yang pernah anda baca.

Struktur Teks Ulasan Novel

Teks Ulasan Novel memiliki struktur-struktur yang menjadi pembangun, yang pada saat struktur tersebut dipenuhi, teks ulasan novel akan menjadi utuh. Struktur-struktur tersebut adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Orientasi, adalah bagian yang di dalamnya berisi gambaran umum suatu drama, film atau novel yang diulas. Bagian orientasi akan menjelaskan kepada para pembaca mengenai latar belakan sebuah karya.
  2. Tafsiran, adalah bagian yang didalamnya berisi mengenai gambaran lebih detail dari sebuah karya yang akan diulas. Biasanya yang diulas adalah bagian-bagian yang sangat menarik dan unik sehingga akan membuatnya berbeda dengan lainnya.
  3. Evaluasi, adalah bagian yang di dalamnya berisi mengenai pandangan dari orang yang telah meriview dari sebuah karya.
  4. Rangkuman, ada bagian paling akhir yang didalamnya berisi tentang pendapat dari penulis. Apakah berkualitas atau tidak, apakah layak untuk ditonton ataukah tidak.

Manfaat Membuat Teks Ulasan Novel

Dengan membuat ulasan singkat, secara tidak langsung anda telah melatih skill menulis anda. Apalagi anda yang memiliki cita-cita menjadi penulis terkenal seperti Boy Candra.

Anda bisa coba mulai dari hal terkecil dulu seperti misalnya menulis contoh teks ulasan novel 3600 detik, novel laskar pelangi, novel sepatu dahlan, novel perahu kertas, atau novel-novel yang pernah anda baca.

Contoh Teks Ulasan Novel Singkat My Idiot Brother

Novel My Idiot Brother adalah hasil karya dari Agnes Davonar. Novel ini menceritakan tentang sebuah arti kehidupan yang memerlukan sebuah pengorbanan. Ada seorang anak yang bernama Angel.

Angel adalah seorang gadis remaja yang baru berusia 15 tahun yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya yaitu Hendra karena terlahir dengan keterbelakangan mental. Meskipun Angel sangat malu dan membenci kakaknya, tetapi Hendra tak pernah bersedih hati.

Hendra merupakan seorang anak yang berkebutuhan khusus yang diakibatkan sakit yang di deritanya waktu kecil. Meskipun demikian Hendra tetap setia dan memberikaan kasih sayangnya sebagai seorang kakak kepada adiknya.

Di bab pertama buku My Idiot Brother, Agnes Devonar meceritakan kisah tentang Ali Mehsan (didalam novel tersebut berperan sebagai Hendra) yang menderita sindrom Down.

Karena keadaan tersebut membuat sang adik yang bernama Angel ini seringkali diejek oleh teman-temanya si Idiot. Hampir setiap hari Angel selalu dihina dan dicaci oleh teman-temannya di sekolah.

Agnes lah orang yang paling membenci Angel karena dianggap sebagai ancaman terbesar untuk mendapatkan hati Aji. Tokoh Aji di dalam novel ini diperankan oleh Aron Ashab.

Aji merupakan seorang laki-laki yang sangat tampan, cerdas, dan keturunan konglomerat. Maka tak heran jika Aji banyak disukai oleh kaum hawa. Waktu terasa sangat cepat sampai-sampai suatu hari Aji membuatt pesta ulang tahun, namun Angel justru bingung.

Bingung karena hadiah apa yang akan diberikan untuk Aji. Tetapi berbagai usaha telah dilakukan sampai harus menemani kakaknya untuk bermain monopoli seharian. Sambil bermain monompoli Angel melamun karena sangat membutuhkan uang.

Setelah berbicara dan merayu kakaknya, akhirnya Hendra sang kakak dengan ikhlas untuk memberikan tabungannya saat itu kepada adik tercinta.

Malam sudah tiba. Angel dan Agnes pun bersaing untuk menjadi ratu dalam acara pesta tersebut. Namun sayangnya, pesta tersebut harus berakhir ricuh karena kehadiran kakak Angel yang bernama Hendra.

Angel terlihat sangat malu karena kedatangan kakaknya yang keterbelakangan mental tersebut. Hendra sendiri memiliki maksud baik karena ia hanya ingin mengantarkan kado yang tertinggal.

Puncak acara pesta tersebut semakin ricuh karena Angel lari dan mengalami kecelakaan. Kecelakaan itu menyebabkan tak ada satu orang pun yang bisa menyelamatkan Angel selain Hendra.

Kecelakaan itu menyebabkan Angel koma dan segera mungkin membutuhkan donor hati. Akhirnya Hendra pun rela untuk mendonorkan hatinya untuk Angel.

Pada Bab-Bab yang berikutnya pada pembaca akan  melihat potongan kisah yang tak kalah mengharukan. Agnes Devonar membuat novel ini hanya dalam 1 buku.

Meskipun demikian di setipa bab mulai dari awal sampai akhir cerita, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, seperti arti sebuah kehirupan.

Novel My Idiot Brother ini disajikan dengan bahasa yang apik. Sehingga novel ini mampu menyihir para pembacanya. Selain itu, pembaca juga bisa ikut merasakan semangat, putus asa, kebahagiaan, dan kesedihan. Bukan hanya itu, novel ini juga memiliki problem percintaan dan masalah keluarga.

Dengan membaca novel My Idiot Brother ini, anda akan mengetahui bahwa seorang yang bernama Agnes Devonar mengajarkan kepada kita semua bahwa dalam menjalani kehidupan kita akan selalu membutuhkan perjuangan.

Dengan mengesampingkan beberapa kekurang tersebut, novel  My Idiot Brother ini sangat diperlukan oleh generasi muda di jaman modern seperti saat ini, terutama bagi para  remaja yang sangat gensi karena memiliki kekurangan pada dirinya.

Buku ini juga memberikan motivasi, semangat juang, dan inspirasi pada orang lain yang seringkali merasa gengsi di depan orang lain. Buku ini juga mengajarkan kepada kita tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.