Contoh Teks Tantangan Lengkap Dengan Ciri-Ciri, Struktur dan Cara Menyusunnya

Text Tantangan– Teks tantangan merupakan teks yang mengandung informasi bantahan terhadap suatu hal yang sedang menjadi perdebatan di masyarakat dengan ciri-ciri khususnya yaitu Pengantar (Isu), Argumen (menentang) dan Simpulan (Saran).

Untuk dapat memperkuat bantahan, maka sebuah teks tantangan harus dilengkapi dengan data dan argumen. Disini kami akan menyajikan 3 contoh saja yakni mengenai sampah, pendidikan, dan sekolah. Berikut adalah uraian selengkapnya dari ke 3 contoh tersebut.

Ciri-Ciri Teks Tantangan

Adapun ciri-ciri yang membedakan teks tantangan dengan jenis teks lainnya adalah sebagai berikut :

  • Struktur terdiri dari : Pengantar (Isu), Argumen (menentang), dan Simpulan atau Saran.
  • Mengandung informasi bantahan terhadap suatu hal yang sedang menjadi perdebatan di masyarakat disertai dengan data-data dan argumen untuk dapat memperkuat bantahan.
  • Ciri-ciri kebahasaan : Kalimat kompleks, kata penghubung, kata rujukan, dan pilihan kata.

Struktur Teks Tantangan

Terdapat 3 struktur yang membangun jenis teks tantangan ini sehingga akan menjadi utuh, adapun 3 struktur yang menyusun teks ini adalah sebagai berikut:

  1. Pengantar ( Isu) merupakan yang mengandung topik yang akan dibantah.
  2. Argumen merupakan bagian yang mengandung rangkaian alasan atau bukti dengan tujuan untuk mendukung bantahan.
  3. Simpulan merupakan bagian yang mengandung pertanyaan yang menegaskan bantahan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa teks tantangan memiliki 4 kaidah kebahasaan yang harus adan terlebih dulu sebelum hendak membuat teks tantangan :

  • Kalimat kompleks : Kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur dan salah satu kata kerja.
  • Kata hubung : Berguna untuk menghubungkan kata.
  • Kata rujukan : Kata yang akan menunjukkan rujukan sebagai pemberi informasi.
  • Pilihan kata : Agar gagasan teks dapat disampaikan dengan baik.

Cara Menyusun Teks Tantangan

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tema dan judul teks.

2. Mencari sumber informasi yang akan dijadikan sebagai bahan pembicaraan.

3. Menganalisis bahan dengan cara mengolah data atau informasi sehingga akan menjadi pernyataan yang berupa :

  • Penyusunan kalimat yang berupa kalimat topik pada setiap struktur teks.
  • Pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang.
  • Membuat paragraf sesuai dengan struktur.
  • Menyunting kalimat yang sesuai dengan unsur kebahasaan.
  • Menggabungkan paragraf menjadi suatu teks yang padu.

4. Hasil analisis kemudian untuk menyusun teks secara urutan struktur sehingga akan menjadi teks tantangan yang utuh.

Contoh teks tantangan tentang sampah

Sampah Sungai Ciliwung

Pengantar :

Tak pernah terpikir sebelumnya bahwa dalam waktu sekitar 100 tahun saja sungai-sungai yang berada di Jakarta sudah mengalami penurunan kualitas yang cukup besar. Pada abad ke 19, air sungai di Jakarta masih sangat bening sehingga bisa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mandi, mencuci pakaian, dan minum.

Argumen :

Saat ini karena semakin banyak arus urbanisasi ke Jakarta, keadaan salah satu sungai yang berada di Jakarta yakni Ciliwung semakin amburadul. Banyaknya pemukiman kumuh di Jakarta sehingga ini membuat sungai Ciliwung berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah dan tinja terpanjang di dunia.

Simpulan :

Maka sudah dapat kita lihat bahwa betapa mirisnya kondisi sungai Ciliwung yang disebabkan oleh tingkah manusia yang seenaknya sendiri dalam membuang sampah sembarangan. Dapatkah kita meningkatkan kesadaran masing-masing khususnya dalam hal membuang sampah ini? Seharusnya kita bisa, kita tunggu saja semoga untuk kedepannya sungai Ciliwung sudah terbebas dari sampah.

Contoh teks tantangan larangan membawa hp ke sekolah

Larangan membawa HP ke sekolah

Pengantar :

Zaman modern ini hp atau handphone sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat Indonesia termasuk anak-anak. Banyak sekali anak yang berani untuk membawa hp ke sekolah, padahal sekolah sangat melarang hal ini. Sekolah melarang siswanya membawa hp tentu bukanlah tanpa alasan.  Tak jarang guru memergoki siswanya sedangan asik bermain hp ketika pelajaran berlangsung.

Argumen :

Menurut berbagai kalangan, adanya larangan membawa hp ke sekolah sangat tidak tepat untuk kurikulum 2013 yang tengah dijalani. Hal ini dikarenakan siswa membutuhkan media referensi tentang pelajaran yang dipelajari, misalnya saja mengunjungi situs gurupengajar.com. Tak jarang banyak juga orang tua yang menyuruh anaknya untuk membawa hp ke sekolah dengan alasan komunikasi dan berjaga-jaga apabila terjadi hal diluar dugaan.

Simpulan :

Sehingga sebagai solusi yang tepat, pihak sekolah diminta  untuk memikirkan kembali mengenai kebijakan dalam membawa hp ke sekolah. Pihak sekolah sebaiknya mempertimbangkan secara detail dampak positif dan negatif larangan tersebut karena pendidikan merupakan hal yang paling diutamakan.

Contoh teks tantangan tentang pendidikan

Alokasi Dana Pendidikan

Pengantar :

Puluhan siswa mulai dari kelas 2 hingga 3 SD di Merangin, Jambi kini harus belajar di ruang kelas yang merupakan bekas rumah dinas yang sudah tak layak digunakan. Ini dikarenakan keterbatasan ruangan dan tidak adanya perhatian dari pemerintah sekitar. Jika tidak ada anak-anak yang memakai seragam maka bangunan ini akan terlihat seperti tempat tinggal biasa.

Namun siapa sangka bahwa ruangan 4×6 meter ini adalah ruang kelas SD Negeri 143 Kungkai II di Kecamatan Merangin, Jambi. Dinding kayu ruangan banyak yang berlubang, atas sekolah juga hampir roboh dan lapuk. Sudah 5 tahun lamanya kondisi terus seperti ini. Selama itu juga, 60 siswa kelas 2 sampai 3 SD harus belajar di ruang yang sangat sempit ini.

Argumen :

Dahulu tempat ini merupakan sebuah rumas dinas untuk para guru. Namun karena keterbatasan ruang, pihak sekolah terpaksa untuk menggunakan rumah dinas ini menjadi ruang kelas. Siswa semestinya belajar di dalam ruangan yang aman dan layak. Terlebih lagi untuk siswa kelas satu SD yang baru saja masuk sekolah.

Simpulan :

Padahal alokasi dana untuk pendidikan di Kabupaten Merangin, Jambi cukup besar. Jumlahnya adalah sekitar Rp 2,3 triliun. Namun yang jadi pertanyaan adalah, kemanakah jumlah dana yang digunakan untuk pendidikan? Kita nantikan sampai kapankah anak-anak bangsa ini belajar di dalam ruangan yang tidak layak pakai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang contoh teks tantangan beserta pengertian, tujuan dan ciri-ciri. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi anda yang membutuhkannya.