5 Contoh Teks Rekaman Percobaan Beserta Penjelasan dan Strukturnya Lengkap

Text Percobaan – Teks rekaman percobaan ini pertama kali diperkenalkan kepada siswa saat kelas 9 SMP. Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan sebuah percobaan yang direkam dalam langkah-langkah kemudian sampai pada hasil dan kesimpulan yang didapat. Berikut ini adalah pengertian dan contohnya.

Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Teks rekaman percobaan merupakan sebuah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis. Umumnya digunakan untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, pembuatan sesuatu, dan lainnya.

Berhubung teks rekaman percobaan ini tidak jauh berbeda dengan teks prosedur, sebaiknya kita tahu perbedaan antara keduanya. Teks rekaman percobaaan merupakan sebuah teks yang menceritakan percobaan yang dilakukan oleh penulis. Sedangkan teks prosedur merupakan sebuah teks yang menceritakan tahapan atau proses yang diceritakan oleh penulis.

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Terdapat 4 struktur yang menyusun teks rekaman percobaan sehingga akan menjadi kesatuan dan sama seperti teks prosedur, hanya saja di dalam teks prosedur tidak ada hasil dan simpulan. Adapun 4 struktur tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan serta alat dan bahan
  2. Langkah-langkah
  3. Hasil
  4. Simpulan

Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan

Adapun ciri kebahasaan yan sering digunakan dalam teks rekaman percobaan, yaitu penggunaan :

  • Sinonim dan Antonim
  • Kalimat Kompleks atau Kalimat Majemuk
  • Kata Penghubung
  • Kata rujukan
  • Istilah teknis
  • Kalimat perintah
  • Kata bilangan

Contoh Singkat Teks Rekaman Percobaan

Untuk lebih mempermudah pemahaman anda mengenai teks rekaman percobaan ini maka kami akan memberikan contoh beserta strukturnya.  Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

“Cara Membuat Baterai Alami dari Kentang”

Kita seringkali membeli baterai di toko, tapi pernahkan terbesit di pikiran anda untuk membuat sebuah baterai alami dengan  memanfaatkan kentang? Bisa dibilang ini tidak masuk akal, namun nyatanya memang bisa. Tujuan dibuatnya baterai alami adalah untuk mengantisipasi jika energi baterai yang ada sudah habis, ketika mati lampu, atau untuk menambah pengetahuan kita.

Alat dan bahan yang digunakan :

  • Kentang
  • Lampu LED atau lampu bohlam kecil
  • Kabel
  • Penjepit buaya
  • Lempengan tembaga
  • Lempengan seng
  • Untuk pengganti tembaga dan seng ini bisa digunakan isi dalam baterai yang umumnya berwarna hitam.

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Pertama tancapkan tembaga dan seng kedalam kentang dengan jarak sekitar beberapa cm, dan jangan sampai menancapkan berdekatan.
  2. Jepit kabel ke setiap lempengan tersebut, lalu hubungkan dengan lampu.
  3. Anda harus perhatikan lampu, apakah nyala atau tidak. Jika masih belum menyala cobalah dibalik.
  4. Namun jika masih belum menyala juga, tambahkan kentang untuk dapat menghasilkan arus listrik yang lebih besar.

Hasil

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, setidaknya anda bisa membuat salah satu energi alternatif yang dapat digunakan untuk digunakan pada saat-saat tertentu.

Simpulan

Lampu tersebut dapat menyala karena  adanya arus listrik yang mengalir. Sama halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan tersebut juga bisa menghasilkan arus listrik meskipun sangat lemah.

Getah kentang dapat mempengaruhi logam secara kimiawi sama seperti larutan elektrolit dalam aki. Maka dari itu, susunan seperti ini disebut dengan elemen galvani. Hal ini dikarenakan yang pertama kali mengamati proses ini dalam eskperimen adalah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.

“Cara Membuat Jebakan Tikus Sederhana”

Menurut sebagian orang tikus merupakan hewan yang sangat menggelikan, terkesan kotor dan menganggu. Untuk itu salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tikus adalah dengan cara dijebak.

Nah, ada sebuah cara membuat jebakan tikus sederhana dengan tujuan untuk dapat menangkap tikus. Cara ini pastinya lebih aman dibandingkan cara yang tidak ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang digunakan :

  • Ember yang memiliki ukuran besar
  • Kaleng bekas
  • Kawat besi
  • Balok kayu kecil
  • Selai kacang, atau bisa juga selai lainnya

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Pertama, lubangilah ember untuk meletakkan kawat dengan diameter sekitar 6 cm dan untuk ketinggian sekitar ¾ dari ketinggian ember.
  2. Kemudian lubangi ember tersebut di bawah lubang yang pertama, lubang yang ini dibuat lebih besar supaya tikus tidak bisa masuk ke dalamnya.
  3. Buat jalan dari balok kayu kecil tersebut untuk menuju lubang yang lainnya!
  4. Buat juga lubang di kaleng bekas tersebut tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya !
  5. Setelah itu, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama kemudian disusul kaleng bekas tadi. Kemudian oles kaleng bekas tadi dengan kacang yang telah disiapkan. Dan jebakan tikus sudah siap untuk digunakan.

Hasil

Jebakan tikus ini bisa anda letakkan di tempat yang mungkin menjadi hunian tikus seperti di gudang dan dapur. Perlu anda ketahui bahwa ini hanyalah jebakan, jadi tidak untuk membunuh tikus.

Kesimpulan

Jebakan tikus ini ramah lingkungan dan tidak memakai bahan kimia sehingga akan sangat aman. Disamping itu juga lebih menghemat, karena hanya cukup menggunakan barang-barang bekas.

“Membuat Taplak Meja Sederhana”

Taplak meja sering digunakan untuk menghias meja dan sudah banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang cukup mahal. Namun dibandingkan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, anda sebenarnya bisa membuat taplak meja sederhana sendiri.

Tujuan dari pembuatan taplak meja ini adalah supaya anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas sehingga lebih bernilai dan bermanfaat.

Alat dan Bahan

  • Kain perca sekitar 1,5 m
  • Jarum dan benang
  • Gunting, pensil, dan kertas
  • Jangka

Langkah-Langkah

  1. Pertama buatlah sketsa pada kertas menggunakan jangka dengan diameter 8 cm kemudian gunting.
  2. Tempelkan pada kain perca kemudian jiplak polanya dan gunting kain perca, ulangi sampai 60 bulatan.
  3. Jahit pinggirannya kemudian tarik dan tali, ulangi sampai 60 bulatan.
  4. Sesudah itu rangkaikan bulatan satu dengan bulatan yang lainnya dan bentuk pola taplak meja
  5. Setelah membentuk pola yang anda inginkan, lalu jahit bulatan satu sama lain
  6. Lalu setelah jadi membentuk taplak meja, rapikan jahitan.

Hasil

Dan akhirnya jadilah taplak meja kreasi tangan sendiri. Sekarang anda sudah bisa meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang tamu atau ruang makan. Anda juga bisa mengembangkannya menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan.

Kesimpulan

Membuat taplak meja sebenarnya cukup mudah dan tak sesulit yang anda bayangkan, tetapi anda harus tlaten dan ulet. Sehingga keterampilan anda akan semakin terlatih, sehingga anda bisa menghemat biaya dan bisa menambah kreativitas.

“Membuat Pendingin Sederhana”

Pendinginan sama seperti kulkas dan sudah banyak ditemukan di rumah warga ataupun toko. Namun harga yang cukup mahal dan memerlukan daya listrik yang tidak sedikit telah membuat masyarakat berfikir dua kali untuk membelinya.

Namun sayangnya makanan  akan lebih mudah busuk jika tidak disimpan di dalam kulkas, dan sebenarnya kita bisa membuat kreasi dengan membuat kulkas sederhana yaitu dari pot tanah liat.

Alat dan Bahan

  • 2 buah pot yang terbuat dari tanah liat (tembikar) dengan diameter kurang lebih 60 cm dan 40 cm
  • Lem kayu
  • Kain penutup
  • Pasir
  • Air
  • Steroform

Langkah-langkah

  1. Tutup terlebih dahulu lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin.
  2. Tempelkan pot kecil ke dalam pot besar seperti pada gambar diatas menggunakan lem. Siapkanlah pasir atau bahan yang bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut dsb.
  3. Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir menggunakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom.
  4. Masukan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil.
  5. Tutup dengan kain dan ukur suhunya.

Hasil
Kini pendingin sudah bisa digunakan untuk menyimpan sayur dan buah, air dalam pasir akan mengalami evaporasi, evaporasi inilah yamg akan mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Kesimpulan
Benda yang bermanfaat tidak selalu didapatkan dengan mengeluarkan biaya mahal. Pendingin ini bisa bermanfaat ke daerah yang belum terjangkau oleh listrik.

Agar kerja pendingin optimal, jangan menaruh pendingin di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung untuk menjaga suhu pendingin tetap stabil!

“Membuat Tinta Tidak Terlihat”

Tinta yang umumnya kita gunakan yaitu bersifat terlihat, misalkan pulpen untuk menulis di buku. Nah pernahkan kamu menemukan tinta tidak terlihat? unik bukan?.

Kamu bisa membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang mudah didapat, untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang.

Alat dan Bahan

  1. Lemon.
  2. Air.
  3. Sendok.
  4. Mangkuk.
  5. Cotton bud.
  6. Kertas putih.
  7. Lampu bohlam.

Langkah-langkah

  1. Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air.
  2. Aduk air dan jus lemon dengan sendok.
  3. Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.
  4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
  5. Untuk membaca pesan rahasia bisa dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu.

Hasil
Setelah langkah diatas selesai dilakukan, kamu sudah tahu bagaimana cara membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu bisa menyampaikan pesan rahasia kepada temanmu dengan cara ini, ini merupakan reaksi kimia

Kesimpulan
Jus lemon merupakan senyawa organik yang dapat ter-oksidasi dan berubah warna menjadi cokelat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan dipanaskan dan pesan rahasia terungkap.

Zat lain yang dapat bekerja dengan cara yang sama, antara lain, jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga bisa dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui sinar ultraviolet (UV).

“Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana”

Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap yang mengganggu tidur kita. Ya, makhluk kecil bersayap tersebut bernama nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sepele dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Alat dan Bahan

  1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter.
  2. 200 ml air.
  3. 50 gram gula merah.
  4. 1 gram ragi
  5. Pisau
Langkah-langkah
  1. Potong botol plastik di tengah, Simpan bagian atas botol.
  2. Campur gula merah dengan air panas, biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol.
  3. Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk, ini akan menghasilkan karbondioksida.
  4. Pasang potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong.
  5. Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda.

Hasil

Setelah melalui langkah-langkah pembuatan, kini alat perangkap nyamuk yang sederhana serta cukup ampuh telah berhasil dibuat. Dan perangkap nyamuk ini bisa digunakan malam atau pagi.

Kesimpulan

Perangkap nyamuk ini lebih aman dibandingkan dengan perangkat nyamuk yang terbuat dari cairan kimia. Alat ini bisa digunakan di pojok kamar maupun tempat tidur. Dalam 1 minggu, kamu akan melihat banyak nyamuk yang berada dalam botol.

Leave a Comment