Contoh Teks Prosedur Sederhana Singkat Beserta Pengertian dan Strukturnya

Teks Prosedur Sederhana – Ada banyak sekali jenis teks yang dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu contoh jenis teks yang biasa dipelajari adalah teks prosedur. Teks prosedur sendiri merupakan sebuah teks yang membahas atau menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam membuat atau melakukan sesuatu.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks prosedur singkat yang perlu anda ketahui:

  1. Pola kalimat yang dipakai adalah imperatif atau perintah
  2. Kata kerja yang dipakai adalah jenis aktif
  3. Menggunakan konjungsi atau yang biasa dikenal dengan kata penghubung
  4. Menggunakan kata keterangan untuk menunjukan tempat, waktu dan cara agar lebih akurat

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah sebuah teks yang terdiri dari beberapa tahapan atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu. Hal ini pun bisa menjadi apa saja, baik itu menyusun sesuatu yang nantinya akan disuguhkan secara urut atau bisa juga melakukan suatu aktivitas yang tertentu. Jadi bisa disimpulkan bahwa teks prosedur ini sangat fleksibel karena tidak dibatasi oleh sesuatu hal yang bersifat paten.

Struktur Teks Prosedur

Dalam pembuatan atau penyusunan teks prosedur, ada 3 struktur penting yang harus diperhatikan yaitu bagian tujuan, material, dan langkah-langkah. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai 3 struktur yang ada di dalam teks prosedur.

  • Tujuan

Bagian tujuan pada teks prosedur sangatlah beragam. Salah satunya adalah judul. Selain itu, dapat pula diisi dengan tujuan mengapa teks prosedur itu disusun. Dengan kata lain, hasil yang akan didapatkan jika melakukan sesuatu dengan berpedoman pada tahapan-tahapan yang terdapat didalam isi teks prosedur.

  • Material

Bagian material pada teks prosedur umumnya akan menjelaskan tentang alat, bahan atau dengan kata lain meterial yang dibutuhkan. Akan tetapi, tidak semua teks prosedur akan menggunakan bagian material ini. Pada umumnya, bagian material akan digunakan pada teks prosedur yang menjelaskan proses pembuatan sesuatu seperti misalnya makanan, minuman, dan lain sebagainya.

  • Langkah-langkah

Bagian langkah-langkah pada teks prosedur akan membahas tentang proses tahapan yang harus dilakukan agar memperoleh hasil maksimal yang sesuai dengan tujuan dari teks prosedur. Pada bagian ini, langkah-langkah yang dibuat harus disusun secara urut karena akan membahas mulai dari tahap awal sampai pencapaian hasil. Sebagai contoh, saat anda membuat teks prosedur tentang memasak tentu tidak mungkin anda langsung menuliskan bagaimana tentang cara menghidangkan masakan sebelum akan menjelaskan tentang proses penyiapan bahan dan proses memasaknya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini kami akan memberikan contoh teks prosedur yang baik dan benar.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana adalah sebuah teks yang hanya berisi prosedur ringan saja. Hal ini dikarenakan teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga tahapan saja. Berikut ini adalah beberapa contoh teks prosedur sederhana yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Cara Menggunakan Kompor Listrik

  1. Apabila anda ingin memasak dengan kompor listrik sebaiknya anda memasak makanan yang biasa atau sederhana saja seperti misalnya membuat nasi goreng dan menumis.
  2. Untuk membuat nasi goreng dengan menggunakan kompor listrik, sebelum kompor tersebut panas secara merata, lebih baik wajan di taruh dulu diatas kompor yang sedang anda panaskan. Sehingga apabila nasi yang akan dimasak tidak terlalu lama harus menunggu nasi tersebut untuk dimasak, dan ketika wajan masih belum panas jangan dulu mengambil nasi dari rice cooker atau dari panci tempat memasak nasi tersebut. Sebaiknya, anda mengambil nasi ketika wajan sudah panas merata, baru setelah itu anda bisa memasukkan bumbu-bumbu dan mengambil nasi secukupnya yang akan dimasak.
  3. Jika anda ingin membuat rending atau kue, tidak disarankan untuk menggunakan kompor listrik. Lebih baik anda menggunakan kompor gas atau kompor minyak karena jika menggunakan kompor listrik tidak berubah rasa atau hambar pada masakan tersebut. Namun lamanya memasak menggunakan kompor listrik tentu berbeda dengan kompor-kompor biasa yang sangat cepat panas, kompor listrik harus menunggu terlebih dahulu sampai panasnya merata pada besi bulat yang berbentuk seperti obat nyamuk.

Cara Membuat Paspor

Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh petinggi yang berwenang dari suatu negara yang didalamnya berisi jati diri pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Lalu, Bagaimanakan cara mengatur Paspor? Berikut dibawah ini adalah langkah mengatur paspor yang baik dan benar :

  • Pertama kita harus hadir ke kantor imigrasi. Dapat hadir ke kantor imigrasi yang telah tercantum pada KTP kita atau bisa juga hadir ke kentor imigrasi paling dekat
  • Lalu kita beli formulir permintaan, formulir permintaan ini berada di loket yang sudah disiapkan. Isilah dengan komplit formulir tersebut sesuai dengan dokumen yang anda miliki dan jangan lupa untuk membawa dokumen yang asli
  • Setelah itu serahkan formulir permintaan tersebut ke loket pendaftaran
  • Kemudian ambillah sinyal teriman dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari
  • Apabila anda sudah berfoto dan ambil sidik jari, jadi anda bisa lanjut pada step wawancara dengan menunjukkan dokumen yang asli
  • Setelah step wawancara tersebut sudah selesai, langkah berikutnya adalah membayar buku paspor serta di tandatangani buku paspor dan mohon info kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah usai
  • Saat tanggal yang telah ditetapkan pada awal mulanya, kita bisa hadir sekali lagi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam kurun waktu 1 minggu paspor baru anda sudah usai dan bisa di ambil.

Bagaimana? Kini anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan teks prosedur, strukur, dan contoh teks prosedur sederhana bukan? Beberapa contoh teks prosedur diatas juga bisa anda jadikan sebagai referensi. Demikian ulasan kali ini , semoga informasi yang dapat kami sampaikan tentang contoh teks prosedur sederhana di website Blog Teks ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengatahuan kita semua tentang bahasa indonesia.

Leave a Comment