Contoh Teks Prosedur Kompleks dan Teks Prosedur Sederhana

Text Prosedur – Berbicara tentang teks, tentunya anda sudah mengetahui beberapa jenis teks yang pernah muncul di dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah teks prosedur, jenis teks inilah yang akan membahas atau menjelaskan langkah-langkah saat membuat dan melakukan sesuatu.

Sama seperti jenis teks pada umumnya, jenis teks prosedur kompleks ini mempunyai ciri-ciri yang dapat membedakan antara teksnya. Apa saja teks nya? Simak ulasan berikut ini :

  1. Di dalam teks prosedur kompleks ini biasa mengguanakan pola kalimat imperatif atau kalimat perintah.
  2. Teks prosedur kompleks menggunakan kata kerja aktif.
  3. Di dalam teks prosedur komplek juga menerapkan konjungsi (kata penghubung)
  4. Menggunakan kata keterangan yang menunjukkan sebuah tempat, waktu dan cara supaya lebih tepat

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang terdiri dari adanya tahap-tahap ataupun langkah-langkah yang akan di gunakan untuk melakukan suatu hal. Hal ini pastinya bisa menjadi apa saja, mulai dari menyusun sesuatu yang nantinya akan di sajikan dengan cara berurutan maupun dapat melakukan salah satu aktivitas yang tertentu. Secara umum, teks prosedur ini memang jauh lebih fleksibel karena tidak ada batasan oleh hal-hal yang bersifat paten.

Struktur Teks Prosedur

Setiap teks mempunyai struktur penyusun supaya penyusunan teks jauh lebih baik dan benar. Sama halnya dengan teks prosedur, dimana terdapat struktur ketika pembuatan ataupun penyusun teksnya.

Struktur teks prosedur pastinya akan sangat penting sekali ketika pembuatan teksnya, dan struktur tersebut menjadi 3. Yang pertama adalah bagian tujuan, yang kedua adalah bagian material, dan yang ketiga adalah bagian langkah-langkah. Berikut ini adalah uraian selengkapnya tentang struktur teks prosedur.

Tujuan

Untuk struktur tujuan yang terdapat di dalam teks prosedur memang sangat beragam, contoh yang sering kita jumpai adalah judul. Selain itu, bisa juga tujuan tersebut berisi mengenai kenapa teks prosedur tersebut di buat.

Maksudnya adalah tujuan ini merupakan hasil akhir jika kita melakukan suatu hal yang mana mengikuti pedoman langkah-langkah yang terdapat di dalam teks prosedur tersebut.

Material/Bahan

Bagian yang kedua yaitu bagian material, bagian ini akan membahas masalah alat, bahan, atau dengan kata lain akan membahas mengenai material apa saja yang diperlukan.

Namun tidak semua teks prosedur menggunakan bagian material. Pada umumnya, bagian material akan dituliskan dalam teks prosedur jikan membahas tentang pembuatan sesuatu. Misalnya saja membuat minuman, makanan, dan lainnya.

Langkah-langkah

Bagian langkah-langkah merupakan bagian yang di dalamnya menjelaskan tentang proses dari tahapan ataupun langkah yang wajib dilakukan demi mendapatkan hasil yan lebih maksimal dimana sesuai denga tujuan dari pembuatan teks prosedur.

Pada bagian ini, langkah-langkah harus disusun secara urut karena nantinya kan membahas mulai dari tahapan nol hingga pembahasan hasil pencapaian. Misalnya saja, ketika kita membuat sebuah teks prosedur tentang memasak tentu tidak mungkin sekali jika kita menuliskan langsung mengenai menghidangkan masakan sebelum kita menjelaskan langkah-langkah dari proses penyiapan bahan dan juga proses memasaknya.

Berikutnya kita akan mengulas secara lengkap tentang contoh dari teks prosedur yang baik dan benar. Misalnya saja contoh teks prosedur kompleks, contoh dari teks prosedur yang singkat, contoh dari teks prosedur sederhana, contoh dari teks prosedur protokol, contoh dari teks prosedur untuk membuat makanan dan masih banyak lagi lainnya.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Sesuai namanya yaitu kompleks, teks prosedur jenis ini merupakan sebuah teks prosedur yang disusun dari beberapa langkah ataupun tahapan. Langkah pada saat penulisan harus berurutan dan disertai dengan sub langkahnya. Nah untuk lebih jelasnya simak contoh teks prosedur kompleks di bawah ini:

Cara Mudah Membuat Blog Gratis

Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana cara untuk membuat sebuah blog yang gratis dan benar dengan menggunakan situs wordpress dan blogspot. Untuk dapat membuat teks prosedur kompleks yang baik dan benar, maka simak penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatannya dibawah ini:

  1. Langkah yang pertama adalah dengan masuk pada link www.wordpress.com
  2. Langkah berikutnya adalah dengan menulis nama blog yang ingin di gunakan pada kolom yang muncul. Kemudian klik enter untuk membuat situs web.
  3. Langkah yang ketiga adalah dengan mengisi formulir mana yang muncul secara otomatis sesudah menulis nama pada blog.
  4. Kemudian pastikan bahwa anda sudah mendapatkan tanda centang dengan warna hijau (bukan centang warna merah). Tetapi jika yang muncul adalah centang warna merah, ini berarti nama yang anda tulis sudah digunakan dan anda harus membuat nama yang lainnya.
  5. Selanjutnya anda bisa melakukan scroll down kemudian klik tombol untuk membuat blog.
  6. Lalu anda bisa melakukan penyesuaian untuk blog anda yang dimana nantinya bisa sesuai dengan tujuan dan kebutuhan anda.
  7. Kemudian anda bisa membuat email yang anda gunakan untuk melakukan registrasi dan klik aktivasi email.
  8. Apabila aktivasi telah berhasil maka akun anda secara otomatis bisa langsung aktif dan anda akan mendapatkan email pemberitahuan.
  9. Yang terakhir pastinya blog anda sudah siap untuk anda gunakan.

Apabila anda ingin membuat sebuah blog dengan membuat blogspot, maka anda bisa simak cara pembuatan blog pada blogspot dibawah ini:

  1. Langkah pertama, anda harus masuk pada link www.blogger.com
  2. Lalu klik sign up yang ada di bagian pojok kanan atas
  3. Kemudian isi aplikasi dari pendaftaran pada akun google yang nantinya akan muncul secara otomatis. Lalu klik next.
  4. Selanjutnya adalah dengan mengisi kolom yang berguna untuk verifikasi kemudian klik tombol send untuk verifikasi kode.
  5. Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan kode verifikasi yang sudah diterima melalui sms, lalu klik tombol verify.
  6. Jika anda sudah berhasil maka anda akan diminta untuk menambahkan for profile.
  7. Selanjutnya adalah dengan menampilkan sebuah lama pemberitahuan jika anda sudah memiliki akun untuk lengsung login ke www.blogger.com
  8. Apbila anda sudah melakukan login kemudian masuk pada dashbord maka anda nantinya bisa klik tombol untuk blog baru.
  9. Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi jendela pembuatan blog yang bisa sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti misalnya pada judul, template, alamat, dan lainnya.
  10. Setelah itu klik tombol untuk membuat blog dan blog pun sudah bisa anda gunakan.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur yang sederhana merupakan sebuah teks yang didalamya berisi mengenai prosedur ringan karean di dalamnya hanya terdapat dua sampai tiga langkah saja. Penasaran seperti apa teks prosedur sederhana itu? Berikut adalah contohnya.

Cara Menggunakan Kompor Listrik

  1. Apabila Anda memasak dengan menggunakan kompor listrik maka sekiranya, usahakan untuk membuat masakan yang sederhana seperti memasak dan membuat nasi goreng.
  2. Jika akan membuat nasi goreng dengan menggunakan kompor listrik, maka sebelum kompor listrik tersebut panas dengan merata maka sebaiknya wajan lebih baik di taruh terlebih dahulu di atas kompor yang tengah di panaskan, sehingga pada saat nasi yang telah siap untuk di goreng tidak terlalu lama untuk menunggu wajan memanas. Tak hanya itu saja, pada saat wajan penggorengan belum panas maka jangan dulu mengambil nasi dari rice cooker. Akan lebih baik mengambil nasi jika wajan sudah mulai panas, kemudian baru Anda perlu untuk memasukkan bumbu- bumbu membuat nasi goreng.
  3. Jika  Anda ingin membuat kue, lebih baik tidak memakai kompor listrik dan sangat di anjurkan untuk menggunakan kompor gas maupun kompor minyak. Jika Anda tetap menggunakan kompor listrik maka kue yang akan Anda buat nantinya memiliki rasa yang hambar. Selain itu, memasak dengan menggunakan kompor listrik juga akan jauh lebih lama karena harus menunggu kompor memanas sehingga untuk memasak saja membutuhkan banyak waktu.

Leave a Comment