Contoh Teks Pidato Tema Pendidikan Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Text Pidato– Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, baik itu pendidikan formal ataupun nonformal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang bisa kita dapatkan dari sebuah lembaga yang sudah memperoleh pengakuan dari pemerintah seperti sekolah. Sementara pendidikan nonformal adalah pendidikan yang bisa kita peroleh di luar sekolah, seperti keluarga, lembaga kursus, masyarakat dan lain-lain.

Pendidikan ini sangatlah penting karena dapat menentukan kehidupan masa depan generasi penerus bangsa nantinya, generasi muda yang pandai dan pedulilah yang akan meneruskan tongkar estafet para pendiri bangsa. Berbicara tentang pendidikan, kini Indonesia sudah menerapkan program wajib belajar 12 tahun. Sehingga diharapkan seluruh generasi penerus bangsa bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan dapat bersaing di kancah global.

Program wajib belajar 12 tahun ini sudah diterapkan sejak tahun 2012 lalu dan disebarluaskan dengan cara melakukan pidato yang biasanya disampaikan oleh orang-orang yang peduli atau berwenang dalam bidang pendidikan seperti menteri pendidikan, guru, lembaga, aktivis, dan lainnya.

Selain menyukseskan program wajib belajar 12 tahun, pidato pendidikan juga bisa menyempaikan tentang hal lain yang pastinya masih berkaitan dengan dunia pendidikan seperti misalnya pentingnya belajar agama, pentingnya belajar etika, menjaga kesehatan, menjaga lingkungan, motivasi untuk para siswa, himbauan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Inilah Beberapa Contoh Pidato Tetang Pendidikan

Pada intinya, pidato merupakan suatu bentuk aktivitas atau cara yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan melalui ungkapan kepada siapapun yang akan menyaksikannya. Meskipun disampaikan dalam bentuk kata-kata, tetapi pada saat membawakan sebuah pidato ekspresi wajah, intonasi suara, dan tingkah laku harus selalu kita perhatikan. Ini karena orang tidak hanya mendengarkan suara saja, tetapi juga akan melihat dengan jelas bagaimana ekpresi dan gerak-gerik tubuh kita.

Bagi anda yang sedang mencari referensi terkait contoh pidato tentang pendikan, berikut dibawah ini adalah beberapa contohnya.

1. Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Saat masih duduk di bangku sekolah, pidato merupakan salah satu keahlian yang harus dikuasai. Berikut ini adalah contoh pidato tentang pendidikan yang mudah untuk dihafalkan:

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Yang saya hormati Kepala Sekolah MtsN Ngantru.

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah MtsN Ngantru.

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru MtsN Ngantru.

Beserta seluruh murid MtsN Ngantru yang sedang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya lah kita  dapat berkumpul pada siang ini dalam keadaan yang sehat wal’afiat.

Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang sudah paham tentang globalisasi, atau mungkin masih ada yang masih belum memahaminya?

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak hadirin semua untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang dapat mengakibatkan globalisasi. Apa saja pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Globalisasi sendiri berasal dari kata global yang artinya menyeluruh. Globalisasi berarti sebuah proses penyebaan unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh belahan dunia melalui media cetak atau elektronik. Globalisasi memiliki pengaruh yang hampir meliputi seluruh aspek lini kehidupan.

Misalnya saja, dalam bidang transportasi. Ada banyak sekali kendaraan yang bisa kita jumpai di jalan raya setiap harinya. Transportasi ini akan membuat kita lebih mudah untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaan. Hal ini tentu saja jauh berbeda dengan zaman dahulu yang untuk menuju ke suatu tempat yang diinginkan, kita harus rela menempuh perjalanan dengan jalan kaki.

Selain transportasi, sistem telekomunikasi juga memiliki dampak global dalam aspek kehidupan. Contohnya adalah handphone. Di jaman modern ini, handphone nampaknya sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.

Internet merupakan contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Baik itu orang yang sudah tua ataupun muda mereka berlomba untuk bisa menggunakannya. Bahkan, banyak juga dari generasi muda yang  bisa menemukan terbaru hanya dengan melalui internet.

Dampak globalisasi juga telah mempengaruhi dunia kuliner di tanah air. Kini masyarakat kita sudah bisa menerima makanan-makan yang berasal dari luar negeri seperti pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen, dan lainnya.

Aspek yang berikutnya adalah dunia fashion. Terlihat jelas sekali bahwa berbagai jenis pakaian yang sedang populer di luar negri segera di ikuti oleh masyarakat kita.

Bidang lain yang tak kalah booming adalah bidang olahraga. Kita sekarang sudah dapat menyaksikan  berbagai pertandingan olahraga dimanapun itu melalui channel televisi.

Begitu banyak sekali aspek yang dapat dipengaruhi oleh globalisasi. Hal tersebut jelas sebagai bukti bahwa semua masyarakat mampu merasakan pengaruh globalisasi.

Beberapa aspek yang sudah kami jelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh global sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan.

Setiap orang pastinya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Maka dari itu, sebagai masyarakat kita harus dapat memilah dan memilih globalisasi ini dengan cara mengambil manfaatnya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya luar dari manapun yang akan masuk ke Indonesia bisa terfilter dengan baik.

Apabila hal tersebut sudah diterapkan oleh seluruh masyarakat, maka ciri khas kearifan budaya Nusantara ini akan selalu terjaga dan dapat dipertahankan dengan baik.

Semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Harapan kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan kita berbangsa dan bernegara. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr Wb.

2. Contoh Pidato tentang Pendidikan Berkarakter

Karakter merupakan suatu sikap yang dapat dikatakan sebagai identitas suatu negara. Di beberapa pidato yang telah disampaikan oleh para tokoh,  pendidikan karakter akan selalu ditekankan karena merupakan hal yang sangat penting. Berikut ini adalah contoh pidato tentang pendidikan karakter:

Assalamualaikum Wr. WB

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena atas karunia dan nikmat-Nya lah kita dapat berkumpul di pagi ini dalam keadaan yang sehat wal’afiat.

Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang sudah memperjuangkan nilai dan gama yang luhur ini sampai kepada kita semua.

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan tempat yang sudah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato tentang pendidikan karakter dengan harapan para generasi muda nantinya memiliki visi besar dalam membangun bangsa ini.

Saya juga berharap semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat bermanfaat, terutama bagi saya sendiri dan semua hadirin yang hadir di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Sekarang ini Bangsa kita sedang menghadapi persoalan yang cukup serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak sekali remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hedonis dan kehidupan yang melanggar nilai-nilai dan norma yang telah berlaku di masyarakat.

Hal tersebut bisa kita lihat dari data yang sudah disampaikan oleh beberapa lembaga. Misalnya saja, salah satu lembaga independen telah mengungkap fakta yang sangat mencengangkan bahwa sebanyak 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan seksual seperti ciuman, seks bebas dan bahkan yang lebih parahnya lagi adalah hubungan dengan sesama jenis.

Selain itu, data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) juga tak kalah mengejutkan. Mereka mengeluarkan data bahwa pengguna narkoba dari kalangan remaja mencapai hingga 79% pada tahun 2015. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 20% dar tahan lalu. Bahkan BNN juga menyebutkan bahwa setiap 7 menit ada korban yang meninggal dunia akibat dari penggunaan narkoba.

Hadirin yang saya hormati,

Data-data tersebut sudah cukup membuktikan apa yang sedang terjadi sekarang ini.  Lalu, dimanakan peran pendidikan sekolah, guru, dan orangtua?

Mengapa kebanyakan remaja saat ini bisa terjerumus ke dalam kehidupan yang melanggar nilai dan norma yang berlaku di masyarakat kita?

Setelah dilakukan penelitian, ternyata remaja saat ini telah kehilangan karakternya sebagai kstria. Hal ini diakibatkan lemahnya pendidikan karakter yang mereka peroleh baik itu di sekolah ataupun di rumah.

Disamping itu, sekolah saat ini lebih mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai dibandingkan mendidik anak supaya memiliki karakter yang baik dan mulia.

Hal ini bisa anda lihat dari berkurangnya jam Pendidikan Moral dan Pancasila (PPKN) di sekolah. Oleh karena itu, yang kita perlukan sekarang ini adalah contoh pendidikan karakter supaya bisa mengatasi permasalahan yang terjadi.

Demikian pidato singkat yang bisa saya sampaikan dan mohon maaf apabila terdapat perkataan yang tidak bekenan di hati anda. Akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. WB