Contoh Paragraf Persuasi Singkat Dengan Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya Lengkap

Contoh Kalimat Persuasi – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian dan contoh paragraf persuasi. Sebenarnya ada banyak sekali jenis paragraf. Namun yang kami bahas kali ini hanyalah tentang paragraf persuasi. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Paragraf Persuasi

Dalam bahasa Indonesia dikenal bentuk paragraf. Paragraf sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain yaitu paragraf argumentasi, paragraf narasi, paragraf exposisi, dan paragraf persuasi.

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang paragraf persuasi. Apa yang dimaksud dengan paragraf persuasi? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Paragraf persuasi merupakan sebuah paragraf yang didalamnya terkandung kalimat yang berisi ajakan, himbauan, bujukan, atau rayuan kepada pembaca supaya mengikuti kehendak penulis. Sehingga pembaca akan menuruti kemauan apa yang telah dituliskan oleh penulis.

Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan contoh paragraf persuasi di akhir pembahasan. Namun sebelumnya, anda harus tahu terlebih dahulu mengenai seluk-beluk dari paragraf ini.

Dalam penulisan paragraf persuasi, diperlukan sebuah fakta dan bukti yang kuat supaya pembaca bisa terpengaruh dan ikut melaksanakan apa yang telah disajikan dari pengarang. Maka dari itu, penulis paragraf persuasi harus menghadirkan ulasan sebuah data yang mampu meyakinkan para pembaca untuk dapat percaya terhadap tulisan atau karangan tersebut. Dengan demikan orang akan lebih mudah untuk diajak berbuat seperti yang diinginkan oleh penulis.

Konten tulisan dalam paragraf persuasi memiliki sifat subjektif, sebab isi dari paragraf ini murni merupakan pandangan pribadi pengarangnya terhadap suatu topik.

Karena paragraf persuasi bertujuan untuk mengajak, maka tak jarang akan kita temui kalimat-kalimat ajakan kepada sesuatu hal, atau bahkan untuk membeli suatu produk.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri paragraf persuasi :

  1. Konten tulisannya berupa suatu ajakan agar pembaca mengikuti atau melakukan sesuatu.
  2. Menjelaskan data-data dan fakta yang aktual supaya pembaca bisa yakin dengan alasan yang telah dibuat oleh penulis. Bisa berupa contoh, perhitungan atau suatu argumen dari penulis.
  3. Adanya kata-kata ajakan, misalnya ayo, marilah, laksanakanlah dan lain-lain.
  4. Dapat menimbulkan rasa percaya kepada pembaca.

Jenis-Jenis Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi terdiri dari beberapa jenis, yaitu persuasi propaganda, persuasi pendidikan, persuasi iklan, dan persuasi politik. Ke empat paragraf tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing.

  • Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi pendidikan merupakan jenis paragraf yang dipakai oleh orang atau badan yang mempunyai wewenang di dunia pendidikan. Orang-orang ini biasanya menyampaikan suatu pesan yang berhubungan dengan pendidikan. Bentuk dari paragraf persuasi ini bisa berupa himbauan, motivasi, ajakan dan lain sebagainya, tentang dunian pendikan.

Contoh kalimat persuasi pendikan :

  1. Mari kita rajin belajar.
  2. Rajinlah dalam belajar, suatu saat nanti kami pasti akan mendapatkan hasilnya.
  3. Ayok bangun pagi, dan segera berangkat sekolah pagi hari juga.
  4. Yuk!! Ikut les matematika, dan jadilah seseorang yang ahli dalam matematika.
  5. Banyak kamu belajar, banyak yang kamu tahu.
  6. Pelajaran matematikan itu mudah kok.
  7. Katakan kalau “AKU BISA”
  • Paragraf Persuasi Iklan

Paragraf persuasi iklan adalah paragraf yang berisi tentang pengenalan dan penjelasan sebuah produk. Paragraf jenis ini memang berguna sebagai beriklan dengan tujuan komersil. Yang dimana memasarkan dan mempengaruhi calon konsumen supaya memilih barang atau jasa yang telah ditawarkan oleh penulis.

Contoh kalimat persuasi iklan :

  1. Gabung disini saja. Bisnis dengan modal kecil dengan keuntungan yang melimpah.
  2. Apakah anda mengalami masalah dengan penglihatan? Produk ini bisa membantu untuk mengatasi mata rabun yang sedang anda alami.
  3. Air mineral menyehatkan. Dapat mengatasi kencing manis, diabetes, kanker dan bahkan penyakit berbahaya lainnya. Apabila air mineral ini dikonsumsi secara rutin, maka darah dalam tubuh anda akan bersih dari racun dan akan selalu menjaga kesehatan jantung anda.

Kalimat persuasi iklan dapat dijumpai dimana-mana seperti misalnya di koran, majalah, dan bahkan televisi juga banyak sekali iklan-iklan yang sejenis seperti contoh diatas.

  • Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik pada umumnya digunakan sebagai ajakan kepada pembaca supaya ikut berpartisipasi untuk bergabung dalam partai dan memilih calon perwakilan partai atau independen. Terkadang juga mengajak dalam keterlibatan pada suatu aktivitas tertentu yang berkaitan dengan agenda politik atau kepentingan negara.

Walaupun demikian, biasanya ketika paragraf ini berada di media cetak, paragraf persuasi politik digolongkan dan masuk dalam kolom iklan. Meski kalimat-kalimatnya berisi tentang bidang politik, tetapi tetap saja tujuan utamanya adalah untuk bisa merekrut banyak orang.

Contoh kalimat persuasi politik :

  1. Coblos nomer dua. Orang bijak pasti pilih nomer dua.
  2. Marilah kita sukseskan acara pilkada ini secara damai dan bermartabat.
  3. Pilihlah dengan hati dan pikiran, jangan sampai anda mudah tergoda dengan suap suara!
  4. Jangan sampai golput, gunakan hak suara anda.
  5. Pemilihan suara segera datang. Gunakan hak suara anda sebaik mungkin dan jadilah warga negara yang taat dan bertanggung jawan akan kemajuan bangsa.
  • Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf persuasi propaganda merupakan paragraf yang didalamnya berisi sebuah ajakan yang kuat. Seakan-akan pembaca harus melakukan apa yang sudah diperintahkan oleh penulis setelah mereka membaca paragraf tersebut.

Dengan ditunjukan suatu informasi sebagai bahan rujukan bagi pembaca dan beberapa fakta  yang bisa meyakinkan mereka. Apabila ada yang tergerak setelah membaca paragraf tersebut, maka bisa dibilang penulis sudah sukses untuk membuat paragraf ini.

Biasanya paragraf persuasi propaganda banyak ditemui pada media-media cetak seperti surat kabar, pamflet, majalah, koran, dan lainnya.

Contoh kalimat persuasi propaganda :

  1. Regangkan tubuh sebentar jika anda mengantuk di jalan.
  2. Bayarlah pajak pada waktunya.
  3. Buanglah sampah pada tempatnya.
  4. Ayo kita sukseskan program bank sampah.
  5. Buang sampah kering ke tong warna hijau, dan sampah basah ke tong warna merah.
  6. Jauhkan rokok dari keluarga.
  7. Hindarkan anak kecil dari asap rokok.

Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Kami akan memberikan beberapa contoh paragraf persuasi yang bisa anda jadikan sebagai referensi supaya anda  bisa membuat paragraf ini dengan baik dan benar.

Mari Tanamkan Cara Hidup Sehat

“Zaman sekarang anak kecil mudah sekali untuk terkena penyakit. Penyebab utamanya adalah sistem imun yang ada di dalam anak tersebut masih sangat lemah. Sehingga membuat bakteri dengan mudah merusak dan menjadikan anak tersebut sakit.

Selain itu, makanan yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab rusaknya sistem ini. Banyak dijumpai pedangang kaki lima yang berjualan di sekitar lingkungan sekolah menjual dagangannya tanpa dilihat baik atau tidaknya untuk anak kecil. Yang penting bagi para penjual hanyalah untung yang besar.

Dengan demikian, kita tidak bisa lagi menghindari atau mencari pedagang yang baik. Terlebih jika pembelinya adalah anak kecil, maka sudah tidak ada pilihan baik dan buruk bagi seorang anak kecil apa yang dia makan.

Oleh karena itu, mari segera tanamkan kepada anak-anak kita, atau anak didik kita supaya tidak jajan sembarangan. Caranya adalah mengalihkan apa yang telah dia inginkan ke hal yang lebih baik. Atau bisa juga dengan memberi tahu dia mengenai penyebabnya jika si anak itu mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Hindarilah Tidur Larut Malam

“Tidur terlalu larut malam atau biasa diistilahkan dengan begadang, adalah suatu aktifitas yang buruk yang sering dilakukan banyak orang. Penyebabnya adalah kita pasti akan mengantuk di siang harinya.

Dengan kantuk yang berat maka kita tidak produktif dan kinerja kita menjadi lambat. Kerja kita akan kacau, karena mengantuk, yang masih pelajar tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik dan masih banyak keburukan lainnya.

Bukan hanya orang dewasa saja, sering sekali dijumpai anak-anak muda juga begadang sampai larut malam. Nongkrong di pinggir jalan, di warung kopi, atau hanya sekedar main bareng sampai larut.

Semua sama saja, kegiatan ini sangat merugikan sekali. Mungkin juga salah satu sebab begadang terjadi adalah karena terlalu banyak minum kopi, yang bisa membuat seseorang itu sulit tidur.

Maka dari itu, mari kita semua hindari apa saja yang membuat kita sulit tidur. Dengan begitu kita bisa lebih produktif pada siang harinya. Kita juga akan bertambah sehat.”

Sekian pembahasan dari beberapa contoh persuasi. Semoga anda dapat mengambil manfaatnya.

Leave a Comment