Contoh Teks Pembawa Acara Beserta Faktor Bahasa Yang Harus Diperhatikan

Text MC – Mungkin anda pernah menjadi seorang pembawa acara (MC) dalam sebuah acara, kalau pernah apakah anda yakin bahwa teks yang anda itu sudah baik dan benar. Jadi, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh teks pembawa acara yang baik dan benar.

Sebelum itu, mari kita bahas dahulu tentang pengertian dari pembawa acara (MC) serta tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh seorang MC. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian Pembawa Acara (MC)

Pembawa acara atau MC adalah orang yang bertugas untuk mengatur jalannya sebuah acara, atau proses berbicara dengan cara mengatur susunan dari sebuah acara supaya acara tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dalam suatu  kegiatan yang sedang dibicarakan tentu akan selalu ada seseorang yang memberitahukan pelaksanaan setiap acara.

Dan orang-orang yang terlibat dalam acara tersebut harus mematuhinya, lancar atau tidaknya sebuah acara akan tergantung pada pembawa acara atau Mcnya. MC merupakan kependekan dai Master of Ceremony yang memiliki arti penguasa.

Faktor Bahasa Dalam Pembawa Acara

Untuk bisa menjadi pembawa acara atau MC yang handal, ada beberapa kebahasaan yang perlu anda perhatikan yaitu pelafalan, diksi, intonasi, dan penalaran. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Pelafalan

Seorang pembawa acara atau MC harus dapat melafalkan dengan baik dan benar. Contohnya, “sodara’ yang semestinya dilafalkan dengan “saudara’. Apabila hal seperti ini sering terjadi maka perhatian para pendengar akan menjadi terganggu, dan tentunya pelaksanaan acara juga ikut terganggu. Maka dari itu kata-kata yang di ucapkan oleh pembawa acara harus jelas didengar, oleh karena itu gunakanlah alat-alat ucap seperti lidah, bibir dan gigi serta volume suara yang sesuai dengan kebutuhan pendengar.

Selain itu, pembawa acara harus bisa berbicara dengan lancar, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lamban. Hal ini bertujuan agar pendengar mampu memahaminya dengan mudah.

  1. Diksi

Diksi adalah pemilihan kata yang di gunakan oleh seorang pembawa acara atau MC, dalam memimpin jalannya sebuah acara. Kata-kata yang digunakan harus tepat, jelas, dan bervariasi sehingga para pendengar mampu dengan mudah memahami pembicaraan kita.

  1. Intonasi

Dalam sebuah pembicaraan, intonasi sangatlah penting. Dengan menggunakan intonasi yang baik, maka pendengar dapat dengan mudah memahami informasi sehingga akan menimbulkan daya tarik. Intonasi sendiri terdiri dari empat hal, yaitu tekanan, nada, tempo, dan jeda.

Untuk tekanan sendiri menyangkut keras lemahnya suara, sedangkan nada berhubungan dengan tinggi rendahnya suara, tempo berkaitan dengan cepat lembatnya berbicara, sementara jeda adalah tempat dimana harus berhenti. Keempat hal ini harus selalu diperhatikan oleh seorang pembawa acara, supaya mendapatkan intonasi yang baik dan menarik.

  1. Kalimat Efektif

Kalimat efektif merupakan kalimat-kalimat yang dapat menyampaikan suatu pesan atau informasi secara singkat, lengkap, dan mudah untuk diterima oleh para pendengar. Dengan bekal tersebut, maka seorang pembawa acara akan mampu menemukan kalimat efektif dan menarik.

Tugas dan Peran Pembawa Acara (MC)

Mungkin yang anda ketahui selama ini bahwa seorang pembawa acara atau MC hanya bertugas untuk mengatur jalannya acara, tapi nyatanya selain mengatur jalannya sebuah acara, seorang MC juga memiliki tugas yang lain, diantaranya :

  • Seorang pembawa acara atau MC harus memastikan acara berjalan dengan baik dan tepat waktu
  • Mengumumkan susunan acara yang akan dilangsungkan
  • Menarik perhatian para hadirin agar mau mengikuti acara sampai selesai
  • Menyusun acara dengan baik dan berkoordinasi dengan panitia yang bertugas
  • Mengecek pengeras suara supaya dapat berfungsi dengan baik
  • Mengecek acara yang akan dilaksanakan dan juga kehadiran orang penting
  • Berkonsentrasi untuk menyimak secara detail jalannya sebuah acara
  • Dapat mengendalikan waktu agar sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan
  • Mengenalkan pembicara
  • Membuka acara

Syarat-Syarat Menjadi Pembawa Acara atau MC

Sebagai seorang pembawa acara maka anda harus memiliki percaya diri yang tinggi dan mampu menarik perhatian para undangan yang telah datang. Berikut ini adalah syarat-syarat menjadi seorang MC.

  1. Memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas
  2. Cerdas
  3. Mempunyai rasa humoris
  4. Saba
  5. Imajinatif
  6. Antusias
  7. Rendah hati dan tidak sombong
  8. Mempunyai kemampuan untuk bekerjasama

Contoh Teks Pembawa Acara (MC)

Berikut ini adalah teks pembawa acara pada acara Seminar Nasional Anti Narkotika

Assalamuaikum wr wb

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua

Dengan mengucap rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya lah kita  dapat berkumpul pada acara yang sangat kita nanti – nantikan ini, yakni seminar nasional tentang bahaya narkoba.

Sebelum itu, saya ucapakan selamat datang kepada Bapak Aris Nugraha beserta team Badan Narkotika Nasional.

Selamat datang kepada Bapak Kapolda Lampung.

Selamat datang kepada Bapak Andika Wijaya, yang merupakan dokter RSUD bidang narkoba.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas kehadiran Bapak dan Ibu sekalian.

Hadirin yang sedang berbahagia, sebelum acara ini kita mulai, marilah kita berdoa dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Semoga Tuhan menjadikan acara seminar ini bermanfaat untuk kita semua, serta acara ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Berdoa mulai

Bapak/ ibu serta para hadirin yang berbahagia, sebelum akan memasuki acara ini, terlebih dulu saya akan membacakan susunan acara kita siang hari ini. Berikut adalah susunan acara kita hari ini :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari Ketua Pelaksana
  3. Seminar Tentang Narkoba yang akan dipimpin oleh Bapak Aris Nugraha
  4. Seminar Tentang Bahaya Peredaran Narkoba yang dipimpin oleh Bapak Kapolda
  5. Seminar tentang bahaya penyalah gunaan narkoba bagi kesehatan yang dimpin oleh Bapak Andika Wijaya
  6. Sesi Tanya Jawab
  7. Testimoni dari para mantan pengguna atau pencandu Narkoba
  8. Ikrar dalam memerangi Narkoba
  9. Yang terakhir adalah Penutup

Para hadirin yang berbahagia, langsung saja kita mulai acara ini. Saya persilahkan kepada ketua pelaksana untuk memberikan sambutannya.

(Setelah sambutan dari ketua pelaksana selesai)

Terima kasih kepada ketua pelaksana atas sambutannya, Marilah kita memasuki acara inti yakni seminar nasional tentang narkoba.

Acara seminar yang pertama tentang narkoba akan dipimpin oleh Bapak Aris Nugraha sebagai pembicara dalam seminar tentang narkoba. Beliau merupakan salah satu tokoh yang sangat gigih dalam melawan Narkoba di negri tercinta kita ini. Marilah kita sambut Bapak Aris Nugraha.

(Setelah sambutan selesai)

Demikian sambutan yang  dapat disampaikan oleh Bapak Aris Nugraha, terima kasih banyak atas waktunya. Acara seminar yang selanjutnya akan dipimpin oleh Bapak Kapolda sebagai pembicara dalam acara seminar tentang bahaya peredaran narkoba. Beliau telah mengabdikan dirinya hingga puluhan tahun dalam memerangi narkoba. Marilah kita sambut, Bapak Kapolda.

(Setelah selesai)

Terima kasih kepada Bapak Kapolda, semoga Bapak selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas agar narkoba di negeri tercinta ini bisa hilang. Para hadirin sekalian, seminar yang terakhir adalah mengulas tentang bahaya narkoba bagi kesehatan yang akan dipaparkan oleh Dr. Andika Wijaya. Beliau merupakan dokter yang bertugas untuk menangani para pecandu narkoba. Marilah kita sambut Dr. Andika Wijaya.

(Setelah selesai)

Terima kasih kepada Dr. Andika Wiajaya, semoga bapak selalu diberikan kesehatan dalam bertugas.

Hadirin sekalian, mari kita berikan aplaus kepada beliau-beliau ini. Acara berikutnya adalah sesi tanya jawab yang akan dipimpin oleh saudara Koman Saputra sebagai moderator. Kepada beliau, saya persilahkan.

(Setelah selesai)

Hadirin yang berbahagia, berikutnya adalah Testimoni dari para pengguna narkoba tentang pengelaman mereka selama ini yang bergelut di dalam lingkaan hitam, narkoba. Mereka termasuk orang – orang yang masih beruntung karena selamat dari narkoba dan sekarang telah mengabdikan dirinya sebagai anggota BNN. Kepada bapak – bapak, saya persilahkan.

Terima kasih saya ucapkan kepada bapak – bapak atas testimonial, semoga yang bapak sampaikan ini dapat bermnafaat untuk kita semua. Acara seminar yang berikutnya adalah ikrar anti narkoba yang akan di pandu oleh Bapak Ari Kurniawan. Hadirin sekalian dipersilahkan untuk berdiri.

Hadirin yang sedang berbahagia, akhirnya kita sudah sampai di penghujung acara seminar ini, yaitu penutup. Saya pribadi selaku pembawa acara mohon maaf apabila ada kesalahan – kesalahan dalam membawakan acara ini dan marilah kita tutup acara seminar ini dengan doa. Semoga acaa yang sudah kita selesaikan hari dapat bermanfaat untuk kita semua.

Berdoa di mulai…….

Aminnnnn

Jauhilah Narkoba karena dapat merusak generasi penerus bangsa! Terima kasih banyak atas perhatiannya !

Akhir kata saya ucapkan Wassalamualaikum wr.wb !