Contoh Teks Narasi Singkat Berdasarkan Jenisnya

Text Narasi – Pada kesempatan kali kami akan mengulas secara lengkap tentang contoh paragraf teks narasi. Apakah anda sudah tahu apa itu paragraf narasi? Selain membahas tentang contoh paragraf  narasi kami juga akan membahas mengenai jenis-jenis teks narasi, ciri-ciri teks narasi beserta contohnya. Nah untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Teks Narasi

Teks narasi merupakan sebuah karangan yang mengisahkan atau menerangkan secara detail dan lengkap mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang didasarkan dengan kronologi atau urutan waktu.

Terdapat dua jenis peristiwa dalam teks narasi, yang pertama adalah kejadian yang benar-benar nyata dan yang kedua adalah hanya sekedar karangan atau imajinasi saja.

Sudah bisa anda bayangkan kan tentang pengertian teks narasi? Jadi kesimpulannya adalah suatu teks narasi tidak hanya sekedar dari peristiwa saja, tetapi juga bisa diambil dari sebuah cerita fiktif atau khayalan seperti novel, cerpen, drama, biografi dan roman.

Jenis-Jenis Teks Narasi

Berikut ini adalah ulasan tentang jenis-jenis teks narasi

  1. Teks Narasi Eskpositorik

Teks narasi ekspositorik merupakan sebuah paragraf narasi yang mempunyai target dalam menyampaikan suatu informasi secara tepat tentang suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang cerita pribadi seseorang.

  1. Teks Narasi Sugestif

Teks narasi sugestif merupakan jenis paragraf narasi yang bertujuan untuk menyampaikan maksud tertentu atau memberikan sebuah amanat yang bersifat terselubung bagi para pendengar ataupun para pembacanya. Jadi seakan-akan pendengar atau pembaca dapat mengetahui dan mengerti maksudnya.

Ciri-ciri Teks Narasi

Berikut ini adalah ulasan selengkapnya tentang ciri-ciri teks narasi :

  • Teks narasi mempunyai tiga unsur utama yaitu waktu, tokoh, dan peristiwa.
  • Teks narasi mempunyai sifat fiksi dan non fiksi
  • Teks narasi memiliki tujuan untuk dapat menyampaikan informasi ataupun menciptakan pengalaman yang ada kesannya untuk para pendengar dan pembaca.
  • Teks narasi umumnya memuat kisah, peristiwa, cerita dan kejadian.

Nah untuk lebih mempermudah anda dalam mempelajari teks narasi, berikut ini kami akan memberikan contoh beserta penjelasannya. Silahkan disimak.

Contoh Teks Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Narasi Ekpositoris 1

Perjuangan Ir. Soekarno

Pada tanggal 4 Juli 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNI telah didirikan oleh Soekarno yang bertujuan supaya Indonesia bisa segera merdeka. Namun kenyataanya pada tanggal 29 Desember 1929, penjajah mengirim beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai tanggal 31 Desember 1931.

Setelah itu beliau dibebaskan lalu ikut berpartsipasi dengan partindo. Namun untuk kedua kalinya beliau ketahuan dan ditangkap lagi kemudian diasingkan ke Ende Flores pada tahun 1993. Kemudian Belanda memindahkannya ke Bengkulu. Setelah melewati berbagai perjuangan dalam waktu yang sangat lama, akhirnya beliau ditemani oleh Bung Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan resmi Indonesia pada tanggal 17 Agustus  1945.

Contoh Teks Narasi Eskpositoris 2

Perang Surabaya

Pada tanggal 20 November 1945 meletuslah sebuah pergerakan perlawanan rakyat Surabaya untuk mengusir penjajahan Belanda dan para sekutu di tanah air khususnya di daerah Surabaya.

Awal mulanya terjadinya perang ini adalah karena terbunuhnya salah satu pimpinan mereka yaitu Brigadir Jenderal Mallaby yang kemudian menyulut kemarahan para tentara Inggris. Karena pemimpin mereka telah tewas, akhirnya Inggris dan para sekutunya menyampaikan suatu Ultimatum bagi semua pejuang yang berada di Surabaya agar segera menyerah.

Pejuang tidak langsung menyerah begitu saja, mereka malah menilai bahwa ultimatum tersebut adalah bentuk penghinaan bagi rakyat Surabaya dan para pejuang. Mereka langsung mengadakan milisi milisi perjuangan untuk bisa melawan para pihak Inggris yang telah mengancam akan segera melakukan serangan.

Karena tahu bahwa ultimatumnya itu ditolak, akhirnya muncul kemarahan besar dari pihak Inggris dan para sekutunya. Kemudian pada tanggal 10 November di pagi hari Inggris telah menyerang secara besar-besaran melalui jalur udar, laut dan darat. Mereka pun mengerahkan sekitar 30.000 infanteri.

Beberapa tank, kapal perang dan juga pesawat diarahkan ke kota Surabaya. Pihak sekutu pun juga menyerang secara habis-habisan. Mereka melakukan pengeboman terhadap bardir Gedung-gedung pemerintahan dan melakukan pembunuhan pada seluruh masyarakat termasuk para pejuang.

Peristiwa pada saat itu sangat mencekam dan mengerikan, pembunuhan ada dimana-mana dan membuat para pejuang menjadi semakin terpojok. Namun rencana penjajah agar bisa menaklukkan kota Surabaya gagal  total dalam waktu 3 hari.

Semua rakyat dan para pejuang telah datang ke jalan-jalan dan melakukan perlawanan terhadap penjajah. Semua rakyat dan pejuang mempunyai semangat yang sangat membara. Hal ini dikarenakan adanya sosok pemuda yang bernama Bung Tomo.

Pada saat itu, dengan gagah berani Bung Tomo telah menyampaikan sebuah pidato untuk rakyat Surabaya dan membakar semua semangat juang yang mereka punya walaupun hingga titik darah penghabisan.

Pertempuran Surabaya terjadi selama 3 minggu dan akhirnya kemenangan ada di tangan pihak sekutu. Meskipun kota Surabaya telah berada di tangan sekutu, perlawanan rakyat Surabaya saat ini benar-benar menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia dan membuat semangat mereka menjadi membara untuk melawan para penjajah.

Contoh Teks Narasi Sugestif 1

Hari Minggu

Bagiku, hari minggu merupakan hari yang sangat melelahkan. Apabila pada pagi hari kebanyakan remaja akan memanfaatkan waktunya untuk bersantai dan keluar jalan-jalan bersama teman-temanya, berbeda halnya dengan aku.

Awal pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibukku untuk memasak di dapur. Setelah itu aku juga harus menjaga adikku sampai mereka lelah dan tertidur.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif 2

Pertarungan di Pagi Buta

Saat mentari masih belum terbangun dari tempat peraduannya, ayam jago masih belum mengerjakan perannya. Namun pak Raden sudah keluar dari rumahnya. Kulitnya yang tipis dan telah keriput seolah-olah kebal dari hembusan agin pagi yang berusaha untuk membuat kulitnya membeku.

Tangannya yang kekar membawa sebuah cangkul dengan tangan kirinya dan tangan kanannya membawa sebuah bingkisan yang berukuran besar.

Pada saat itu dia melangkahkan kakinya kearah sawah. Tiba-tiba langkahnya terhenti karena mendengar tangisan anak bayi yang telah merusak ketenangan waktu itu. Dengan sedikit rasa takut pak Raden berusaha untuk mencari sumber arah munculnya suara tangisan bayi tersebut.

Ia pun langsung terkejut ketika melihat seorang bayi yang sangat lucu dan mungil yang digeletakkan begitu saja di bawah pohon beringin yang besar.

Ketika berusaha untuk mengangkat bayi malang itu, tiba-tiba muncul seekor harimau yang berukuran besar dan ingin menyerangnya. Akan tetapi, dengan cekatan terkaman harimau itu berhasil dielakkan oleh pak Raden. Ternyata suara tangis bayi tersebutlah yang mengundang seekor harimau dan kelihatannya harimau tersebut sedang kelaparan.

Harimau itu memandang dan menatap bayi tersebut dengan sangat mengerikan. Pada saat milihat harimau tersebut, dengan menggunakan cangkulnya pak Raden berusahan untuk menjauhkan harimau tersebut dari sang bayi.

Namun cara tersebut tidak berhasil, yang terjadi justru harimau tersebut melawan balik. Harimau itu berbalik dan menyerang Pak Raden dan berhasil membuatnya terluka. Dia terjatuh ke tanah dan terpojok, ketika harimau itu akan menerkam kembali, cangkul yang ada disamping tubuhnya itu dia ambil kemudian dipukulkan ke perut harimau.

Akhirnya pak Raden bisa membunuh harimau tersebut karena cangkulnya yang berhasil tembus ke perut harimau hingga harimau tersebut mati.

Sesudah mengalahkan harimau tersebut, pak raden mengambil bayi itu dan dibawa pulang ke rumahnya untuk mengangkat dan mengurusnya sebagai anak.

Leave a Comment