5 Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Untuk Berbagai Macam Acara

Text MC Pembawa Acara – MC adalah singkatan dari Master of Ceremony. Secara harfiah, MC berarti sebagai penguasa acara, pembawa acara, atau pemandu acara. Master = penguasa, ahli. Sedangkan ceremony = acara.

MC merupakan seni dalam membawakan sebuah acara dengan bahasa lisan yang efektif dan vocal yang jelas (intonasi, speed, asentuasi atau penekanan kalimat, dan artikulasi atau pengucapan dan kalimat) yang didukung oleh penggunaan bahasa lisan ataupun  tulisan dan bahasa tubuh (gestural). Ada juga yang mengatakan bahwa seorang MC adalah seniman kata-kata dan seniman bahasa tubuh.

Menjadi MC bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus kita penuhi yaitu memiliki kepribadian baik, berpenampilan atraktif dan simpatik, mempunyai wawasan yang luas, mempunyai kemampuan berbahasa dan berkomunikasi yang baik, tanggap dan cekatan dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang Master Of Ceremony atau MC tidak hanya butuh modal suara atau goledn voice saja. Tetapi ada banyak sekali penunjang yang harus kita perhatikan dengan serius. Menjadi seorang MC harus bisa menarik perhatian khalayak, menghibur, menyampaikan suatu pesan dan menjadi pembangkit semangat dari khalayak yang telah hadir.

Syarat-Syarat Menjadi MC atau Pembawa Acara

Saat membawakan sebuah acara, Mc harus mampu menarik perhatian para hadirin untuk segera  merasa terlibat dalam acara tersebut. Apabila upaya tersebut gagal, maka jalannya acara akan menjadi hambar, tidak berkesan dan sangat mengecewakan. Namun sebaliknya, apabila MC pandai untuk menguasai dan menghibur para hadirin, maka acara tersebut akan menjadi lancar dan menyenangkan. Dengan begitu, kesuksesan dalam sebuah acara sangat ditentukan oleh MC.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang Master of Ceremony (MC) :

  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman luas
  • Cerdas
  • Memiliki rasa humor
  • Sabar
  • Imajinasi
  • Antusiasme
  • Rendah hati dan bersahabat
  • Memiliki kemampuan dalam bekerjasama

Contoh Teks MC

Contoh Teks MC dalam Acara Formal

Assalamuaikum wr wb

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua

Pertama-tama, marilah kita mengucap rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya kita masih diberikan keberkahan yang sungguh tak terhingga.

Yang saya hormati Bapak….. selaku Pembicara

Yang saya hormati Ibu.. selaku (menyebutkan jabatan)

Yang saya hormati Bapak………selaku (menyebutkan jabatan)

Dan yang saya sayangi rekan-rekan mahasiswa…

Dengan mengucap rasa syukur Alhamdulillah, atas nikmat dan hidayah yang telah dimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita semua dapat berkumpul pada acara yang sangat kita nanti – nantikan ini, yaitu (menyebutkan acara).

Bapak/ Ibu dan para hadirin yang berbahagia, sebelum memasuki acara inti, marilah kita terlebih dahulu memulai acara ini dengan berdo’a, supaya agenda yang akan kita laksanakan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua, serta acara bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.

Berdoa dimulai………………..

Bapak/ ibu serta para hadirin yang berbahagia, Pada pagi hari ini, izinkan saya untuk membacakan susunan acara, sebagai berikut :

  1. Sambutan dari Ibu (menyebutkan nama dan jabatan).
  2. Sambutan dari Bapak (menyebutkan nama dan jabatan).
  3. Seminar (sebutkan seminar ini membahas apa).
  4. Sesi tanya jawab.
  5. Dan yang terakhir Penutup.

Para hadirin yang saya hormati,  langsung saja kita mulai acara ini. Saya persilahkan kepada ibu (menyebutkan namanya) untuk memberikan sambutan.

Setelah yang bersangkutan sudah selesai menyampaikan sambutan, maka tugas anda mengucapakan terimakasih atas sambutan yang telah disampaikan dan menuju ke agenda acara berikutnya.

Bapak/ Ibu dan hadirin yang berbahagia, agenda acara yang berikutnya adalah sambutan dari (menyebutkan namanya), kepada bapak………..waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada Bapak Zaenal atas sambutannya. Marilah kita memasuki acara inti yakni seminar (sebutkan seminar tentang apa) yang akan dipimpin oleh bapak…..kepada yang bersangkutan waktu dan tempat kami persilahkan.

Demikian sambutan yang dapat disampaikan oleh bapak………., terima kasih banyak atas informasi dan ilmu yang telah diberikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Para hadirin yang berbahagia, agenda acara yang berikutnya adalah sesi tanya jawab. Kepada para hadirin yang ingin bertanya, saya persilahkan.

Bapak/ibu dan para hadirin semuanya, akhirnya kita sudah sampai di penghujung acara seminar ini, yaitu penutup. Saya pribadi selaku pembawa acara mengucapkan terimakasih kepada bapak pembicara, bapak/ibu dosen, teman-teman mahasiswa, para panitia, dan para hadirin semua.

Mohon maaf apabila ada kesalahan – kesalahan dalam membawakan acara ini dan marilah kita tutup acara seminar ini dengan doa. Semoga acara yang sudah kita selesaikan hari ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Berdo’a menurut kepercayaan masing-masing dimulai. Selesai.

Akhir kata…………..Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Contoh Teks MC Halal Bihalal

 Assalamu’alaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliiin Sayydinia Muhammadin, wa’ala alihi wa’ashihbihi ajma;in amma ba’du.

Yang kami hormati Ustad Moh. Haris Setiawan selaku pembina takmir masjid Al-Hurriyah

Yang kami hormati para alumni takmir masih Al Hurriyah

Dan sahabat-sahabat yang kami cintai dan kami banggakan

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk bisa hadir di SMAN 1 Glagah yaitu di Masjid Al-Hurriyah dalam rangka acara halal bihalal keluarga besar Takmir Masjid Al-Hurriyah tahun 1436 H.

Tak lupa sholawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang sangat kita harapkan syafa’atnya nanti pada hari kiamat. Amiin

Sebagai umat manusia sudah seharusnya kita mempunyai rasa khilaf dan rasa salah, oleh karena itu dalam kesempatan ini kami akan mengajak para hadirin semua untuk melapangkan dada, dan membuka hati dengan rasa meminta maaf dan memberikan maaf atas kesalahan diantara kita baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Para hadirin yang berbagia, sebelum kita memulai acara ini, terlebih dulu saya akan membacakan susunan acara pada pagi hari ini.

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Quran
  3. Sambutan-sambutan
  4. Berkumpul dalam masing-masing devisis
  5. Mauidhotul Hasanah
  6. Penutup

Memasuki agenda acara yang pertama yaitu pembukaan. Marilah kita buka acara ini dengan membaca suratul fatihah. Al faatihah……..

Acara berikutnya yaitu pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an yang akan dibacakan oleh Saudara Wahyu Nurrohman. Kepada Saudara Wahyu Nurrohman saya persilahkan.

Semoga bagi yang membacakan dan mendengarkan lantunan ayat suci al-quran ini mendapatkan pahala dari Allah SWT, amiin.

Acara yang selanjutnya adalah sambutan-sambutan, sambutan pertama akan dipimpin oleh pelaksana acara halal bihalal, kepada saudara alfitrah bachtiar saya persilahkan. Demikian sambutan yang dapat disampaikan oleh saudara alfitrah bachtiar. Kami ucapkan terimakasih atas sambutannya.

Contoh Teks MC Peringatan Hari Besar Nasional

Assalamualaikum Wr. Wb.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Yang kami hormati Bapak Lurah Sukodadi,

Bapak-bapak ketua RW Sukodadi,

Ibu-ibu, Bapak-bapak, serta hadirin yang berbahagia.

Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua. Dengan mengucapkan syukur, marilah kita bersama-sama berterima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas limpahan anugerah-Nyalah kita semua bisa hadir bersama-sama di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Atas nama panitia, kami mengucapkan terima kasih kepada hadirin, yang dengan tulus ikhlas telah menyempatkan diri menghadiri undangan kami dalam rangka ikut bersama-sama memeriahkan, memperingati hari besar nasional, hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 yang kita cinta bersama ini.

Semoga amal kebaikan Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semuanya itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuan yang Maha Kuasa. Amin.

Hadirin yang kami hormati, sebelum memulai ke acara berikutnya, kami akan membacakan susunan acaranya, adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Mengheningkan cipta
  4. Sambutan Bapak Ketua Panitia
  5. Sambutan Bapak Lurah
  6. Pembagian hadiah
  7. Pembacaan doa
  8. Acara hiburan, dan
  9. Penutup

Demikianlah susunan yang akan kita lalui dalam kesempatan ini, selanjutnya marilah kita bersama-sama masuk ke acara berikutnya, yaitu acara kedua ialah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Untuk itu rekan kami saudara Vindo kami persilakan memimpinnya, dan hadirin kami persilakan untuk berdiri.

Pembawa Acara Tingkepan

Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan para undangan sekalian yang kami hormati, sudah selayaknya pada kesempatan ini bersama-sama mengucapkan Syukur kepada Allah Swt, karena nikmat dan rahmat-Nya kita pada kempatan ini dapat menghadiri undangan bapak……, sekeluarga, pada acara tingkepan saudari….,yang kini telah hamil….., bulan dan dalam beberapa bulan lagi mas sizin Allah akan dikaruniai anak.

Para bapak, ibu dan hadirin sekalian, Perkenankanlah kami disini akan membacakan susunan acara.

  • Acara pertama : Pembukaan, mari kita buka acara ini déngan bacaan basmalah “Bismillahir-Rahmanirrohim
  • Acara Kedua : Pemnbacaan ayat suci Al Qur’an
  • Acara Ketiga : Sambutan Wakil shahibul hajat (tuan rumah) Acara
  • keempat : Pengajian/ceramah agama yang akan disampaikan oleh….,
  • Acara kelima : penutup

Demikianlah Susunan Acara pada malam hari ini, untuk menyingkat waktu mari kita lanjutkan acara kedua yaitu : pembacaan Ayat suci Al Qur’an, yang akan di sampaikan oleh …. Kepadanya kami persilahkan.

Keterangan: Setelah anda berbicara demikian maka anda harus meninggalkan podium yang kemudian di gantikan oleh pembaca Al-Qur’an. Baru setelah petugas pembaca Al-Qur’an turun dari podium. maka anda boleh pegang mikrophone kembali melanjutkan acara.

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin Sekalian,

Demikian pembacaan Ayat suci Al-Qur’an yang telah di bawakan oleh…. semoga yang membaca dan yang mendengarkan mendapatkan Rahmat dari Allah Swt, amin.

Acara ketiga adalah sambutan-sambutan, yang pertama dari wakil dan tuan rumah yang akan di sampaikan oleh…. kepadanya persilahkan.

Keterangan: Anda harus turun dari podium atau mematikan mic anda, Jika tersedia Mic khusus buat anda. Lalu dengarkan sambutan wakil tuan rumah. sebab ini penting Artinya, untuk anda ulas sebagai kesimpulan.

Para hadirin sekalian,

Demikianlah sambut dari bapak… wakil tuan rumah yang intinya bapak Shohibul hajah herterimakasih atas kehadiran bapak, ibu sekalian, dan minta maaf jika terdapat kekurangan dari tempat serta konsumsi yang kurang menyesuaikan selera bapak, ibu sekaliaan.

Selanjutnya acara keempat yaitu acara inti yang akan disi dengan pengajian agama. Dalam hal ini akan di sampaikan oleh…., Marilah kita dengarkan dengan Penuh hikmah, agar apa yang di sampaikan dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, dunia dan akhirat, Kepada Al Ustadz/kyai/Bapak…. kami persilahkan

Keterangan: Anda harus turun dari podium atau mematikan mic anda, Jika tersedia Mic khusus buat anda. Lalu dengarkanlah. Jika penceramah turun dari podium anda dapat mengulas sebagai kesimpulan. ingat!! jangan sekali-kali anda angkat bicara sedang pencerahan belum sempet duduk di kursinya semula.

Para bapak, ibu dan undangan sekalian,

Hidup memang ibadah dan dunia ini hanya sementara. Ada kehidupan lagi sesudah kematian. yaitu kehidupan akhirat. Dari uraian bapak…dapat kami simpulkan …..

Baiklah para hadirin, kini sampailah kita pada acara terakhir, Dengan demikian berakhirlah tugas kami sebagai pembawa acara. selaku pembawa acara, kami minta maaf bila penyampaian kami kurang berkenan di hati. Selanjutnya doa penutup yang akan dlbawakan oleh . . akhirnya kami ucapkan ’Wassalamu alaikum Wr, Wb.

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin wa bihinasta’iin wa ‘alaa umuuriddunya waddin wash solatu was salamu ‘ala asyrafil anbiyai wal mursalin wa ‘ala aalihi wa ash habihi ajma’in, amma ba’du.

Kepada yang terhormat Al ustad…., ketua pemimpin pengajian masjlis ta’lim, dewan pengurus masjid, serta hadirin dan hadirat yang saya hormati.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana berkat taufik dan rahmatNya lah kita semua bisa berkumpul dan bisa hadir diacara pengajian ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Kedua kalinya semoga sholawat dan salam tetap tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi agung Muhammad SAW. Yang mana beliau lah yang membawa agama islam dengan penuh perjuangan dan pengorbanan, sebagai satu-satunya agama yang di ridhoi Allah SWT. Yang mana harus kita pegang etar dan kita ikuti sampai akhir hayat kita, amiin.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah SWT. Selaku pembawa acara saya akan membacakan susunan acara pada pengajian rutin pada hari ini, yaitu :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Al Qur’an
  3. Sambutan pemimpin jamaah pengajian
  4. Pengajian yang akan disampaikan oleh ustad…
  5. Pengumuman
  6. Penutup/do’a

Pembukaan

Demikianlah susunan acara pengajian pada hari ini. Sebelum kita melanjutkan acara berikutnya marilah kita buka acara ini dengan membaca basmalah.

Baiklah semoga dalam acara pengajian ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Pembacaan Al-Qur’an

Acara yang kedua yaitu pembacaar ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara………, kepadanya saya persilahkan.

Terimakasih kepada saudara….. yang telah membaca Al-Qur’an, semoga mendapatkan pahala yang berlimpah kepada kita semua terutama yang membacanya.

Sambutan Pemimpin Jamaah

Sebelum kita memasuki acara inti marilah kita dengarkan sepatah kata dari pemimpin jamaah, dalam hal ini akan disampaskan oleh yang terhormat bapak…….., kepada beliau kami persilahkan.

Kepada bapak….. pemimpin jamaah pengajian kami mengucapkan terimakasih.

Acara Inti (Ceramah)

Kini sampailah kita pada acara inti yaitu ceramah yang akan disampaikan Al ustad….. kepada beliau kami persilahkan.

Kepada yang terhormat al ustad……  kami sampaikan banyak terimakasih atas nasehat yang telah diberikan kepada kami. Semoga nasehat tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua, amiin.

Pengumuman

Hadirin dan hadirat yang di rahmati Allah SWT, kini sampailah kita pada puncak acara yaitu do’a. Namun sebelum itu marilah kita dengarkan beberapa pengumuman yang akan disampaikan oleh sekertaris jamaah pengajian yang akan disampaikan oleh bapak….. dan mudah-mudahan kita dapat memakluminya.

Penutup / Doa

Acara demi acara telah kita lalui, kini sampailah kita pada puncak acara yaitu pembacaan doa yang akan dipimpin langsung oleh al ustad….  , namun sebelum itu ijinkan kami selaku pembawa acara memohon maaf yang sebesarnya bila ada kata-kata dan sikap yang kurang berkenan dihati para hadirin dan hadirat sekalian. Kepada al ustad…. kamu persilahkan untuk memimpin doa sekaligus menutup acara pengajian ini.

Akhirul kalam wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Comment