Contoh Teks LHO (Laporan Hasil Observasi), Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ciri-Ciri

Text LHO – Berbicara mengenai contoh teks laporan hasil observasi merupakan teks yang didalamnya berisi suatu informasi tentang fakta dan kesimpulannya mengenai sebuah objek yang sudah diteliti secara langsung di lapangan.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Laporan hasil observasi merupakan sebuah teks yang didalamya berisi informasi yang fakta dan kesimpulan mengenai suatu objek sudah diteliti secara langsung di lapangan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas teks laporan hasil observasi secara lengkap mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, struktur, dan contoh teks observasi.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Mungkin anda masih belum tahu apa sebenarnya tujuan dari observasi? Pastinya anda sudah pernah observasi tapi belum tahu tujuannya? Tujuan dari teks LHO (laporan hasil observasi) adalah memberikan sebuah informasi tentang fakta terbaru dan detail yang sesuai dengan kriteria tertentu yaitu sebagai hasil pengamatan secara sistematis dan objektif.

Ada juga tujuan yang lain dari teks laporan hasil observasi, diantaranya :

  • Sebagai alat untuk mengambil keputusan yang lebih efektif
  • Menemukan cara baru untuk mengatasi suatu persoalan atau masalah
  • Agar melakukan perbaikan dan pengawasan
  • Agar mengetahui perkembangan atas suatu persoalan
  • Sebagai alat untuk mengatasi persoalan tertentu

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah mengetahui tujuannya, selanjutnya adalah fungsi dari teks laporan hasil observasi. Berikut ini adalah beberapa fungsi hasil observasi :

  • Melaporkan hasil dari suatu tugas dan tanggung jawab atas kegiatan observasi yang telah dilakukan.
  • Laporan hasil observasi sebagai sebuah sumber dan rujukan informasi yang terpercaya karena berdasarkan fakta.
  • Sebagai alat dokumentasi.
  • Mengulas tentang dasar penyusunan, kebijakan, keputusan, dan persoalan dalam suatu pengamatan.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi mempunyai kaidah-kaidah yang harus dipenuhi agar laporan hasil observasi yang telah dibuat nantinya bisa di tanggung jawabkan. Ciri-ciri laporan hasil observasi adalah sebagai berikut :

  • Objektif

Bersifat objektif yang berarti teks laporan tersebut harus sesuai dengan keadaan objek yang benar-benar seperti di lapangan, tanpa adanya pengaruh ataupun pendapat pribadinya.

  • Universal

Universal berarti teks laporan hasil observasi tiak akan memihak pada satu pihak saja. Akan tetapi, teks laoran hasil observasi yang telah dibuat harus berlaku umum, untuk kalangan semua orang dan yang di berbagai tempat.

  • Faktual

Dalam teks laporan hasil observasi harus dibuat faktual atau sesuai dengan kenyataan di lapangan. Apa harus faktual? Ya, benar sekali karena teks laporan yang tidak faktual maka tidak dapat dipertanggung jawabkan.

  • Sistematis

Sistematis berarti bahwa teks laporan hasil observasi yang anda buat harus teratur dan urut sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

  • Objek yang di Observasi

Anda sendiri yang menentukan objek apa yang akan di observasi, bisa alam semesta, tumbuhan, lingkungan, dan hewan.

  • Tidak Ada Bagian Penutup dalam Menulis

Ini dikarenakan penulis hanya sebagai pelapor yang melaporkan hasil dari analisis dan pengataman yang sudah dilaksanakan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi ini terdiri dari beberapa struktur, diantaranya :

  1. Pernyataan umum (Klasifikasi)

Pernyataan umum biasa disebut dengan bagian pembuka informasi yang akan menjelaskan penggolongan tentang objek yang akan dilaporkan. Seperti benda, fenomena alam, hewan, dan fenomena sosial.

Objek yang diteliti juga sesuai perbedaan dan persamaannya. Setelah dari kriteria tersebut digunakan untuk dapat membedakan kelas, sub kelas, dan rincian yang lebih lengkap.

  1. Paragraf dari aspek laporan

Pada bagian ini, akan dijelaskan secara detail dan rinci bahwa informasi yang dilaporkan sesuai dengan hasil observasi. Dengan cara memperhatikan ciri-ciri dan kaidah penulisan teks laporan hasil observasi yang sudah kami bahas sebelumnya.

Contoh Teks Laporan Observasi Tentang Hewan

Hewan Kelinci

Kelinci termasuk ke dalam hewan mamalia dari keluarga leporidae. Hewan yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah di mana saja. Dahulu kelinci merupakan hewan yang liar dan hidup di afrika sampai ke bagian eropa. Sampai sekarang ini, secara umum kelinci dibagi menjadi dua golongan, yaitu kelinci liar dan kelinci peliharaan.

Apabila dilihat dari segi fisik terutama bulunya, kelinci dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek. Sementara menurut ordo, kelinci di klasifikasi menjadi beberapa jenis lagi yaitu lyon, anggora, american, english spot, himalayan, dan ducth.

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat identik sebagai pakan kelinci. Akan tetapi, setelah kami melakukan observasi ternyata kelinci juga bisa diberikan pakan sayuran-sayuran hijau, biji-bijian, umbi, dan ampas tahu.

Setelah dilakukan penelitian ternyata daging kelinci dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan penyakit asma.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya ini memiliki nama latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Miliear. Lidah buaya merupakan 1 dari 10 tipe tanaman yang paling laris dan terkenal di dunia yang berpotensi untuk dapat dikembangkan sebagai tanaman obat serta bahan baku industri.

Lidah buaya bisa hidup dengan subur di daerah yang suhunya panas. Selain itu, bisa juga ditanam di dalam pot atau halaman rumah sebagai tanaman hias. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk sedikit runcing seperti taji, tebal, getah, dan sisi daun bergigi serta permukaan yang bintik-bintik. Panjang tanaman lidah buaya sekitar 15 sampai 36 cm dengan lebar 2 sampai 6 cm.

Tanaman obat yang satu ini juga dikenal sebagai tumbuhan yang kaya akan vitamin kecuali vitamin D. Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti amandel, luka bakar, kadas, bisul, obat cacing, serta menyuburkan, menebalkan dan menghitamkan rambut secara alami.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

Sampah

Sampah adalah material hasil sisa yang tidak diinginkan saat sesudah berakhirnya suatu proses. Sampah bisa berasal dari alam, manusia, industri, dan pertambangan. Sampah yang ada di dunia ini akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan entah alam dan manusia. Di Indonesia sendiri setiap harinya bisa mencapai sekitar 11.330 ton. Sampah-sampah tersebut dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya, yaitu sampah organik dan anorganik.

Contoh sampah dari organik ialah yang mudah busuk seperti halnya sisa makanan,sayuran,dan daun-daun kering. Sampah organik ini bisa diolah menjadi kompos.

Contoh sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk,seperti halnya plastik,kaca,dan kaleng. Sampah-sampah anorganik akan di daur ulang menjadi home industri sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah serta sebagai peluang usaha. Sesuai dengan bentuknya sampah bisa dibedakan menjadi sampah padat,cair,alam dan konsumsi.

Sampah padat ialah sampah yang wujudnya berbentuk padat. sampah padat bisa berupa sampah dalam rumah tangga. sampah padat bisa dibedakan sesuai kemampuan alam mengurainya.

Sampah cair merupakan bahan cairan yang sudah digunakan dan tidak manfaatkan lagi seperti halnya limbah. Limbah merupakan sampah yang berbentuk cairan yang dihasilkan dari aktivitas industri. Sampah limbah juga dibedakan menjadi dua yakni limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam merupakan limbah yang mengandung patogenberbahaya yang berasal dari toilet.

Yang selanjutnya yaitu sampah alam yang merupakan sampah  produksi oleh alam melalui proses daur ulang yang alami. Contoh sampah alam ialah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah dan pupuk pohon kembali.

Yang terakhir ialah sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan kemudian dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sekarang hampir melebihi sampah industri. Oleh karena itu sangat disayangkan sekali jika sampah di negara indonesia ini tidak di manfaatkan.

Leave a Comment