Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Dengan Pengertian, Tujuan Pembuatan dan Kaidah

Text Observasi – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang teks laporan hasil observasi secara lengkap dan jelas. Jadi apabila anda masih bingung atau masih belum mengetahui cara menyusun teks laporan hasil observasi, jangan khawatir lagi karena saya akan mengupas tuntas disini. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi laporan secara umum tentang penjabaran atas sesuatu dari hasil pengamatan atau observasi. Teks laporan atau yang biasa disebut dengan teks klasifikasi ini menjelaskan jenis-jenis sesuatu hal yang diamati berdasarkan kriteria tertentu.

Secara garis besar contoh teks laporan hasil observasi singkat menggambaran sifat-sifat, ciri, bentuk ataupun identitas dari suatu benda, tumbuah, hewan, manusia, ataupun peristiwa lainnya yang dapat diamati dan laporkan.

Tujuan Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan disusunnya teks laporan hasil observasi singkat biasanya berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya :

  • Untuk mengatasi suatu masalah atau persoalan. Oleh sebab itulah dibuat sebuah teks laporan hasil observasi yang diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah tersebut.
  • Untuk lebih memudahkan dalam pengambilan keputusan. Selain itu, dengan teks laporan yang disusun kita tentunya juga bisa lebih efektif dalam mengambil keputusan.
  • Untuk dapat melihat perkembangan suatu masalah yang ada. Sebab dengan semonitoring sebuah masalah maka kita juga dapat mempelajarinya dan bahkan dapat menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.
  • Untuk mengatasi suatu hal atau perilaku yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan menjadi lebih baik.
  • Untuk menemukan teknik-teknik baru dalam mengatasi sebuah masalah.

Kaidah-Kaidah Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi

  • Teks laporan hasil observasi bersifat umum atau general.
  • Teks laporan hasil observasi harus benar-benar hasil dari penelitian terbaru
  • Penyusunan teks laporan harus menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD
  • Objek yang telah diamati dalam penelitian bersifat objek tunggal
  • Penulis tidak akan memberikan penutup dalam teks laporan hasil observasi
  • Memaparkan tujuan dari dilakukannya suatu pengamatan
  • Menjelaskan dasar-dasar penyusun laporan terkait dengan keputusan, kebijakan ataupun hasil pemecahan masalah dalam observasi
  • Merupakan sumber informasi bagi kebanyakan orang
  • Menjadi suatu bahan pendokumentasian atas permasalah yang sudah diamati

Apa Perbedaan Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Teks Deskripsi?

Pada intinya kedua jenis teks tersebut sama-sama menjelaskan informasi sesuai fakta di lapangan, namun ada sedikit perbedaan yang bersifat :

  • Teks Deskripsi : Lebih bersifat individual dan sangat unik karena didalam teks ini terdapat deskripsi yang spesifik.
  • Teks Laporan Hasil Observasi : Lebih bersifat universal dan didalam teks ini terdapat klasifikasi dan fakta deskripsi.

Sifat-Sifat Teks Laporan Hasil Observasi

  • Bersifat Objektif : Teks laporan harus sesuai dengan fakta di lapangan
  • Bersifat Informatif : Teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber informasi
  • Bersifat Komunikatif : Teks laporan hasil observasi harus jelas dan dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca

Setelah mengetahui tentang pengertian, tujuan, kaidah-kaidah pembuatan dan beberapa sifat yang harus dimiliki oleh sebuah teks laporan hasil observasi, selanjutnya kami akan memberikan contoh teks laporan hasil observasi singkat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya

Kami akan memberikan beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat jelas dan padat. Untuk itu anda bisa menarik kesimpulan sendiri tentang cara membuat laporan hasil observasi yang baik dan benar.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pupuk Kandang

  • Hasil Laporan

Pupuk kandang merupakan salah satu jenis pupuk yang sangat mudah di dapatkan. Pupuk kandang ini bisa kita dapatkan dari kotoran hewan-hewan ternak seperti kelinci, ayam, kambing, sapi, marmut, bebek, ataupun hewan ternak lainnya. Jadi selain sangat mudah didapatkan, juga mempunyai efek yang sangat baik untuk kesuburan tanaman.

Tanaman yang diberi pupuk kandang tentu akan lebih kuat dan tahan terhadap berbagai serangan hama. Disamping itu, daun tanaman yang diberikan pupuk akan tumbuh banyak yang menandakan bahwa tanaman tersebut telah tumbuh dengan subur. Sedangkan fakta yang berbeda justru akan terlihat pada tanaman yang tidak diberi pupuk kandang yang jumlah daun yang tumbuh tentu lebih sedikit.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan apabila menggunakan pupuk kandang adalah unsur hara di dalam tanah juga akan menjadi seimbang. Hal ini tentunya sangat berbeda apabila kita menggunakan pupuk-pupuk kimia yang bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian.

  • Penjelasan

Permasalahan yang telah dibahas dalam teks laporan hasil observasi di atas adalah berhubungan dengan pupuk kandang. Di dalam isi teks diatas memaparkan apa itu pupuk kandang, kelebihan yang didapatkan jika menggunakan pupuk kandang dan efek pupuk kandang terhadap unsur hara.

Mungkin contoh teks laporan hasil obserasi singkat diatas bisa anda jadikan sebagai pedoman penyusun laporan lainnya yang sekiranya masih sejenis atau relevan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bahaya Narkoba

  • Hasil Laporan

Narkoba merupakan salah satu bahan berbahaya yang tidak seharusnya digunakan karena bisa memberikan efek yang sangat buruk bagi pemakainya sekaligus menyebabkan ketergantungan dan bahkan tak jarang bisa mengakibatkan kematian. Ada banyak sekali alasan mengapa mereka bisa menggunakan narkoba, tetapi khasus yang tertinggi datang karena salahnya dalam pergaulan.

Saat ini muncul sebuah fakta yang menunjukkan bahwa pengedar narkoba sudah merambah ke anak remaja yang berusia 15 sampai 25 tahun. Mereka masih mudah sekali untuk terpengaruh dan pada akhirnya ikut-ikutan terjun dunia yang salah tersebut. Sebagai generasi penerus bangsa tentunya hal seperti sangat memprihatikan dan menjadi persoalan serius yang harus segera di atasi.

Berdasarkan suatu fakta yang merupakan hasil survey dari BNN menunjukkan bahwa pengedar gelap barang haram ini adalah dari kalangan mahasiswa dan bahkan pelajar. Sedangkan dari 17 provinsi yang telah diteliti terdapat 2,6 persen siswa SMP yang sudah pernah menggunakan barang haram ini. Sementara itu, untuk siswa SMA yang pernah menggunakan narkoba sebanyak 4,7 persen dan untuk mahasiswa perguruan tinggi bisa mencapai hingga sekitar 7,7 persen. Akan tetapi, untuk dapat menekanan penggunaan naroba di kalangan para remaja sampai 0 persen tentunya akan membutuhkan upaya yang ekstra.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi secara global bahwa ada fakta yang sangat menarik tentang narkoba yang sudah menyerang generasi bangsa kita. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya dukungan dari semua pihak untuk menghindarkan saudara-saudarinya yang telah terjebak dalam belenggu narkoba.

  • Penjelasan

Permasalahan di atas membahas tentang narkoba yang telah menyerang generasi muda. Jadi isi dari teks laporan hasil observasi diatas menjelaskan tentang bahaya narkoba, target pengedar narkoba, target pengguna narkoba dan perkembangan pengedaran narkoba yang terdapat di Indonesia berdasarkan fakta di lapangan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kebersihan Lingkungan

  • Hasil Laporan

Kebersihan lingkungan merupakan salah aspek terpenting yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Dengan lingkungan yang bersih tentunya kita dapat hidup sehat tanpa harus takut diserang oleh berbagai penyakit.

Kondisi kebersihan di lingkungan yang akan menjadi objek penelitian kali ini adalah Perumahan Cendana yang memang terlihat sangat baik dan bersih. Apabila kita melihat di bagian selokan juga tidak ditemui sampah-sampah yang menyumbat. Disamping itu, tempat pembuangan sampah yang berada di depan rumah juga telah tertutup dengan baik dan tampak terawat. Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bawah warga yang telah tinggal di Perumahan Cendana ini sadar akan manfaat kebersihan lingkungan hidup.

Salah satu upaya yang biasa dilakukan oleh warga Perumahan Cendana adalah sebulan sekali mereka akan melakukan kerja bakti dengan membersihkan selokan, pembuangan sampah dan melakukan pengolahan sampah dengan terorganisir. Kegiatan seperti ini memang bagus untuk kita tiru supaya tercipta lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman.

  • Penjelasan

Bagi anda yang sekarang ini sedang mencari contoh teks laporan hasil observasi tentang kebersihan lingkungan, contoh di tersebut juga akan membahas hal yang sama yang dimana di dalam isinya memaparkan tentang kebersihan yang ada di Perumahan Cendana baik itu dari saluran sanitasi, pembuangan sampah, ataupun kondisi lingkungan yang ada.