Contoh Teks Iklan, Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Lengkap

Text Iklan – Dunia periklanan menjadi bidang yang masih diminati sampai saat ini. Pasalnya, iklan biasa digunakan oleh banyak usaha seperti usaha kuliner, pendidikan, retail, percetakan, dan sebagainya.

Kualitas iklan dapat mempengaruhi reputasi suatu perusahaan atau pebisnis yang ingin memproduksi produknya. Semakin padat dan menarik, maka akan semakin banyak target yang terjaring.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan merupakan sebuah media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan  atau memasarkan produk. Daya jangkauannya yang terbilang masif dan luas sehingga akan memungkinkan produk yang diiklankan tersebut dapat menyentuh target pasar yang diincar.

Seperti yang telah disebutkan, iklan memungkinkan produk (barang atau jasa) dapat dikenali konsumen sehingga mereka tertarik untuk membeli atau mengonsumsinya.

Di jaman modern ini, persaingan di dunia periklanan semakin ketat dengan bertambahnya media dalam beragam format. Mulai dari radio, televisi, media cetak, sampai konten online.

Hal ini akhirnya mendorong kreator iklan untuk terus berinovasi dalam menciptakan karyanya agar tak hanya membantu para klien saja, tetapi juga menunjukkan mutu iklan yang berkualitas dan berbobot.

Fungsi Teks Iklan

Secara garis besar, teks  iklan berisi sebuah pesan untuk memperkenalkan produk kepada masayarakat. Namun, ada sebuah perbedaan yang membuat teks iklan berbeda dengan pengumuman biasa.

Perbedaan tersebut adalah sifatnya yang lebih persuasif supaya target pasar tertarik untuk membeli atau mengunakan produk yang diiklankan. Selain itu, teks iklan juga memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

  1. Media Informasi untuk menyampaikan informasi suatu produk, ciri-ciri, dan sebagainya.
  2. Media Persuasi untuk mengarahkan atau membujuk calon konsumen supaya tertarik untuk membeli.
  3. Media Pengingat atau reminder untuk mengingatkan konsumen perihal produk yang tertentu supaya mereka berlangganan atau terus menggunakan produk kita.

Struktur dalam Teks Iklan

Untuk membuat iklan yang baik, teks iklan tidak boleh dibuat sembarangan. Ada beberapa struktur yang harus anda perhatikan. Struktur ini juga akan membantu anda dalam menyusun konten iklan tersebut, diantaranya :

  • Judul

Judul merupakan bagian yang diletakkan di bagian paling atas teks iklam. Akan tetapi, tidak semua iklan mencantumkan judul dalam konten. Sebagian iklan justru hanya mencantumkan nama produk di bagian paling atas.

  • Nama Produk

Pada bagian ini akan mencantumkan nama produk yang akan diiklankan.

  • Deskripsi Produk

Pada bagian ini, anda harus menjelaskan produk yang dijual secara detail dan sepadat mungkin. Deskripsi produk biasanya meliputi spesifikasi, cara mendapatkan produk, alamat dan kontak (nomor telepon atau surel) yang bisa dihubungi.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Kaidah kebahasaan dalam teks iklan juga harus anda perhatikan. Pasalnya, bahasa yang dipakai dalam teks iklan akan berbeda dengan jenis tulisan lainnya. Berikut ini ada beberapa ciri bahasa dalam teks iklan yang bisa anda terapkan.

  • Memakai Slogan

Bagi anda yang sudah mengamati iklan dalam waktu lama tentu akan selalu menemui slogan di dalamnya. Kata-kata atau kalimat di dalam sebuah slogan harus dibuat se-menarik mungkin, mencolok, dan dapat mencuri perhatian dari calon konsumen. Slogan yang memiliki empat sampai lima kata yang harus mampu menyampaikan pesan dari produk yang dipromosikan.

  • Bersifat persuasif

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalimat-kalimat dengan unsur membujuk harus diaplikasikan dalam teks iklan. Tujuan penggunaan kalimat bersifat persuasif yaitu untuk mengajak target pasar menyimak hingga meminta mereka untuk menggunakan produk yang telah ditawarkan tanpa unsur memaksa.

Ada banyak sekali contoh kalimat persuasif yang bisa anda pelajari seperti misalnya murah, cepat, dan handal.

  • Memakai POV (Point Of View)

Penggunaan point of view atau sudut pandang juga sangat mempengaruhi konten iklan. Lebih baik menggunakan sudut pandang orang kesatu dengan subjek aku, saya, atau kami yang biasanya digunakan sebagai pengganti pihak pemasang iklan.

Penggunaan sudut pandang orang kesatu dianggap bisa mendekatkan produsen dengan calon konsumen.

Contoh Iklan & Jenis-Jenis Iklan

Setelah mengetahui struktur dan kaidah kebahasaan, selanjutnya kami akan membahas tentang jenis-jenis iklan. Sebenarnya, bentuk iklan yang dimanfaatkan sangat banyak dan 8 diantaranya adalah :

1. Contoh Iklan Produk

Sesuai dengan namanya, iklan produk merupakan jenis iklan yang dibuat untuk mempromosikan suatu produk baik berupa barang ataupun jasa. Iklan produk biasa disebut dengan ikan niaga, ikan ini memiliki tujuan untuk mempengaruhi masyarakat supaya membeli produk tersebut. Jenis iklan yang satu inilah yang sering dijumpai.

Kunci dalam membuat iklan produk adalah di tagline, slogan atau pembuatan kalimat iklan yang sangat menarik. Sebuah kalimat yang sangat mudah diingat dan masuk ke dalam benak orang yang telah melihat atau membaca iklan.

Berikut ini adalah beberapa contoh tagline iklan produk yang terkenal :

  • Minuman Pengganti Ion Dalam Tubuh (Pocari Sweat)
  • Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botoh Sosro (Teh Sosro)
  • Jelas Lebih Enaak (Kapal Api)
  • Semua Bisa Jadi Macan (Biskuat)
  • Indomie Seleraaku (Indomie).
  • Orange No.1 di Dunia (Floridina Orange)

2. Contoh Iklan Baris

Iklan baris hanya terdiri dari 3 sampai 4 baris saja. Ruang yang sangat terbatas ini akan mendorong kita untuk membuat konten yang lebih padat, sederhana, dan bermakna. Iklan baris dapat digunakan untuk menjual barang dan jasa bahkan mencari jodoh. Tarifnya pun sangat beragam dan tergantung dari jumlah kata dan baris yang anda inginkan.

Karena tempatnya yang sangat terbatas. Biasanya penulisan iklan baris ini banyak memakai singkatan-singkatan supaya semua informasi termuat dalam iklan.

3. Contoh Iklan Kolom

Berbeda halnya dengan iklan baris yang mendatar dan sangat terbatas, iklan kolom memiliki tampilan yang memanjang dan luas (bisa sampai 1 tulisan). Bukan hanya tulisan saja, iklan kolom juga menyertakan konten lainnya seperti gambar atau foto. Karena itulah ikan kolom umumnya digunakan untuk menjual kendaraan dan ucapan duka cita yang bisanya menggunakan  potret atau grafis lainnya.

4. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Tidak seperti iklan lainnya yang bersifat komersil, iklan layanan masyarakat justru dibuat untuk menyampaikan informasi penting. Contohnya program keluarga berencana, penanggulangan bencana, sampah, go green dan pencegahan narkoba. Iklan ini akan sering Anda jumpai di rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas publik lainnya.

Contoh iklan layanan masyarakat juga biasa dibuat dalam bentuk video atau grafis dengan beberapa keunikan tertentu agar mudah diingat penonton. Diharapkan dengan melihat iklan jenis ini, dapat menggugah hati penonton terhadap isu yang sedang dibahas dalam video tersebut.

Berikut beberapa contoh teks kalimat iklan layanan masyarakat, antara lain:

  • Mari Hemat Listrik
    Nyalakan Secukupnya, Matikan Selebihnya. (Iklan Layanan PLN)
  • Berhenti Merokok dan Jangan Memulainya
    1 Kenikmatan Rokok = 1000 Bahaya (Iklan Layanan Kesehatan)
  • Global Warming Mengancam Keselamatan planet bumi!!
    Jika Anda Mencintai Planet Ini
    Jika Anda Mencintai Anak Cucu Anda
    Bertindaklah Sekarang Juga
    AYO..!! MENANAM POHON (Iklan Layanan Lingkungan)

5. Contoh Iklan Penawaran

Sekilas, jenis iklan ini tampak sama dengan iklan produk. Akan tetapi, iklan penawaran dipakai untuk menawarkan barang atau jasa. Contohnya, iklan tempat bimbingan belajar, investasi, penawaran perumahan, apartement dll.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan penawaran. Diantaranya adalah;

  • Identitas Perusahaan atau Lembaga
  • Produk atau Layanan yang ditawarkan
  • Waktu Penawaran / Pelayanan
  • Nomor Kontak yang Dapat dihubungi
  • Alamat Kantor Pemasaran Perusahaan / Lembaga
  • Syarat dan Ketentuan Khusus (bila ada).

Selain itu. dalam iklan penawaran gunakanlah “Magic Word” sebagai tagline untuk membuat orang terkesan pada pandangan pertama. kata- kata tersebut bisa berupa kata “DISKON xx%, Free, Harga Promosi, …… Berhadiah“ dan lain sebagainya.

6. Contoh Iklan Lowongan Kerja

Seperti namanya, iklan lowongan kerja biasanya diisi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru. Sejumlah koran masih menyertakan halaman khusus yang diisi informasi seputar lowongan kerja yang dikategorikan agar mudah ditemukan. Jika Anda hendak membuat iklan lowongan kerja, pastikan tertera kontak yang bisa dihubungi;

7. Contoh Iklan Jasa

Jasa juga dapat dipromosikan seperti halnya barang. Lewat jenis iklan Jasa, Anda bisa menjual jasa entah dalam bidang pendidikan, teknik, hingga membetulkan alat-alat tertentu (reparasi). Dibandingkan iklan produk, Anda mungkin akan kesulitan membuat iklan jasa yang notabene berbentuk abstrak (keterampilan/kemampuan);

Dalam membuat teks iklan jasa anda harus banyak membuat fitur yang memuat kelebihan dari layanan yang anda iklankan dan juga jenis- jenis layanan yang anda sediakan.

8. Contoh Iklan Komersial

Jenis iklan ini digunakan untuk mendukung sebuah kampanye pemasaran barang atau jasa. Iklan komersial terdiri dari dua jenis, yakni iklan strategis (membangun brand atau merek) dan iklan taktis (mempunyai tujuan mendesak). Jenis iklan ini paling sering digeluti oleh agensi digital.