3 Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, dan Kesehatan

Text Eksposisi – Secara terminologi, teks eksposisi merupakan sebuah teks yang bersifat mengajak dan diisi dengan beberapa informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas.

Pada umumnya teks ini akan membahas sebuah topik yang sangat menarik untuk dibaca. Sehingga jika kita membaca teks tersebut, maka kita akan mendapatkan informasi yang berharga.

Sebagai contoh, paragraf eskposisi tentang keadaan pendidikan di Indonesia sekarang ini.

Teks tersebut akan membuat berbagai informasi terkait pendidikan itu sendiri yang ditulis secara ringkas dan jelas. Selain itu, teks ini juga mempunyai jenis, kaidah serta struktur tersendiri dalam penulisannya. Untuk lebih memahami teks jenis eksposisi ini, perhatikan beberapa contoh teks eksposisi singkat berikut ini. Misalnya contoh karangan  ekposisi tentang kesehatan lingkungan dan pendidikan di Indonesia sekarang ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pada intinya pendidikan merupakan hak bagi setiap Warga Negara Indonesia. Sebab, pendidikan memiliki peran penting untuk memajukan sebuah peradaban bangsa (Tesis). Kini, Indonesia sedang menerapkan sebuah sistem pendidikan dengan kurikulum 2013 (K13). Perkembangan pendidikan di Indonesia juga sangat pesat. Dengan melalui penerapan kurikulum 2013 ini, pemerintah berharap adanya sebuah transformasi yang lebih dari masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan kurikulum akan menekankan pada aspek Efektif, Kognitif, dan Psikomotorik. Walaupun kurikulum 2013 ini masih belum bisa dipahami secara luas oleh beberapa instansi pendidikan yang ada. Sehingga banyak sekali sekolah yang masih belum menerapkan K13 ini lebih optimal (Argumentasi). Dengan begitu bisa kita pahami bahwa sekarang ini Indonesia sedang menjalani sistem pendidikan dengan Kurikulum 2013. Di perlukan sosialisasi yang lebih baik lagi, agar K14 dapat diaplikasikan secara merata (Penegasan Kembali).

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Sirih Merah merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Tenaman yang satu ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat, yang berguna untuk persediaan tanaman obat-obatan (Tesis). Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa tanaman Sirih Merah ini sering dijadikan sebagai obat Diabetes, Maag, Kanker, dan juga obat untuk mengatasi ketombe. Selain itu ada juga yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat untuk mengatasi keputihan pada area kewanitaan.

Masyarakat memanfaatkan tanaman Sirih Merah dengan cara mengambil daunnya, lalu diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah sebagai tanaman obat, dikarenakan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya. Senyawa tersebut adalah Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya (Argumentasi). Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa tanaman Sirih Merah mampu menyembuhkan beberapa penyakit secara alami (Penegasan Kembali).

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Lingkungan yang bersih merupakan salah satu syarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat secara rohani ataupun jasmani. Kebersihan lingkungan merupakan hal yang serius dan sudah semestinya diaplikasikan dengan benar-benar. Namun sayangnya, masih banyak sekali yang belum memiliki kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Argumentasi

Setidaknya ada empat tipe pencemaran yang dapat menganggu kenyamanan antara lain yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran nada.

  • Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah biasanya berlangsung karena banyak sekali orang yang membuah sampah dan limbah sembarangan. Akan tetapi, ada beberapa hal lain yang bisa mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah, yaitu penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus yang beresiko  pada ketidakstabilan susunan tanah. Imbasnya, tanah tidak hanya akan tandus dan gersang saja, tetapi juga dapat mengakibatkan erosi dan longsor.

Disamping itu, pada masalah pembuangan sampah yang tidak semestinya juga akan membuat lingkungan sekitar menjadi kotor dan kurang sedang untuk dipandang. Selain itu, sampah yang telah menumpuk atau berantakan dimana-mana akan mengundang datangnya binatang pembawa penyakit seperti tikus, kecoa, dan lalat.

Salah satu jenis sampah yang sangat beresiko untuk tanah adalah sampah plastik. Hal ini dikarenakan plastik sangat susah terurai dan bisa tersimpan hingga bertahun-tahun di tanah dalam bentuk yang utuh, meski sebenarnya dalam sehari di seluruh dunia lebih dari 1 ton plastik selesai menjadi sampah.

Seharusnya sampah plastik ini tidak dibuang begitu saja, tetapi diolah kembali agar menjadi produk daur ulang atau menjadi sumber daya alternatif. Meskipun sampah jenis ini sudah dibuang di tempat sampah pada setiap tempat tingga, namun sampah-sampah plastik ini selanjutnya akan menumpuk ditempat pembuangan sampah.

Dapat dipastikan bahwa tanah yang akan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah akhir akan menjadi tanah yang berkualitas jelek. Dalam jangka waktu yang lama, jumlah sampah plastik ini tidak akan menyusut justru akan semakin bertambah. Sehingga hal ini dibutuhkan lahan pembuangan sampah yang jauh lebih luas lagi. Ini tentu sangat mengerikan karena sampah plastik ini nantinya akan menjadi sebuah ancaman untuk kehidupan manusia di masa depan.

  • Pencemaran Air

Sama halnya pencemaran tanah, pencemaran air disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia yang membuang sampah sembarangan. Sungai merupakan satu diantara tempat untuk membuang sampah. Sampah-sampah yang telah dibuang di sungai sebagian besar akan terbawa oleh arus dan akan menumpuk di hulu sungai atau ruang penyaringan serta bendungan. Sebagiannya lagi akan mengendap di dasar sungai atau terdampar di pinggir sungai.

Tipe sampah yang sangat beresiko untuk sungai adalah sampah plastik dan limbah dari pabrik-pabrik yang telahh mengalirkan limbahnya ke sungai. Disamping itu, ada pula yang namanya limbah kimia yang dibuat olehh pabrik  spesifik.

Jika limbah kimia tesebut tidak dibuat terlebih dulu sampai netral, jadi jika limbah jenis ini dibuang di sungai ataupun di sumur limbah, bahan kimia tersebut juga dapat mencemari air sungai atau daerah yang dekat dengan sumur-sumur limbah tersebut.

Di kota-kota besar yang padat penduduk seperti di Jakarta misalnya, tumpukan sampah di sungai merupakan ancaman serius yang senantiasa menyebakan problem setiap saat musim penghujan datang.

Sampah yang telah menumpuk di sungai juga dapat menyumbat aliran sungai dan mengakibatkan air meluap hingga ke pemukiman warga serta menggenang dalam kurun saat spesisifik. Di daerah Jawa Barat, belakangan terakhir digemparkan demgan terjadinya banjir bandang di beberapa wilayah yang dapat mengakibatkan kerusakan yang serius. Tentunya banjir ini disebabkan oleh sampah yang telah menyumbat di aliran sungai.

  • Pencemaran Udara

Pencemaran udara disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan asap industri pabrik. Saat ini jumlah kendaraan bermotor semakin bertambah seiring dengan perkembangan jumlah masyarakat. Pasti jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin juga semakin bertambah udara.

Pencemaran udara sekarang ini sudah menjadi sebuah ancaman global yang bisa mengakibatkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Tentunya pemanasan global ini akan berdampak buruh pada semua kehidupan makhluk hidup di bumi. Hal ini dikarenakan pemanasan global tidak hanya mencairkan semua susunan es di kutub utara dan kutub selatan saja, tetapi juga akan mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.

Perubahan iklim ini tentu akan berpengaruh di beberapa bagian terutama di bagian pertanian dan peternakan. Disamping itu, pencemaran udara ini juga dapat menganggu kesehatan.

Pastinya radikal bebas yang telah mencemari udara juga akan terhirup masuk ke dalam tubuh manusia. Pada batas spesifik, tumpukan radikal bebas didalam tubuh ini juga dapat mengakibatkan penyakit yang serius seperti kanker.

  • Pencemaran Suara

Pencemaran nada meskipun disebut jadi pencemaran kelompok enteng tetapi penyemaran ini sangat menganggu ketenangan. Pencemaran nada adalah timbulnya beragam nada bising dari beberapa sumber seperti misalnya nada mesin, klakson, atau benda lainnya yang menghasilkan nada bising dan tidak menganggu ketenangan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Semakin bertambahnya jumlah masyarakat memiliki konsekuensi bertambahnya jumlah pencemaran lingkungan jika hal ini tidak jadi kesadaran kita semua. Lingkungan merupakan masa depan yang sama perlunya dengan kebutuhan pribadi. Lingkungan yang rusak kronis juga dapat menyebabkan sulitnya untuk bertahan hidup. Demikian sebaliknya, lingkungan yang bersih akan memudahkan kehidupan manusia.

Demikian beberapa contoh teks eksposisi singkat tentang pendidikan, kesehatan dan lingkungan yang bisa anda pelajari.

Leave a Comment