Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Teknologi, Kenakalan Remaja, Pendidikan, Lingkungan, dan Kesehatan

Text Diskusi – Pada umumnya diskusi dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok dan dalam diskusi tersebut pastinya akan membicarkan sesuatu hal. Dalam pembicaraan tersebut biasanya ada beberapa aspek seperti argumen, rumor, isu, dan sebuah kesimpulan. Klarisifikasi dalam sebuah argumen dapat dibedakan menjadi dua macam yakni argumen negatif dan argumen positif.

Beberapa contoh  teks diskusi singkat yang dibahas biasanya terdapat beberapa topik diskusi yakni diskusi tentang pendidikan, narkoba, teknologi, dan kenakalan remaja. Dalam melakukan sebuah diskusi ada beberapa aturan yang perlu kita penuhi yaitu selalu menghargai dan menghormati perbedaan pendapat. Hal ini dikaranekan pada setiap diskusi pastinya akan ada perbedaan pendapat.

Contoh Teks Diskusi Singkat

Contoh teks diskusi sendiri banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anda yang masih di jenjang sekolah. Disamping itu, pemanfaatan teknologi yang sudah maju akan membantu anda dalam mencari contoh teks diskusi tesebut. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh teks diskusi singkat dalam Bahasa Indonesia.

Contoh Teks Diskusi Singkat  Tentang Pengaruh Teknologi

Perkembangan teknologi sekarang ini sudah semakin mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kemunculan alat-alat elektronik seperti musik player, tablet, dan smartphone. Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi sudah tak mampu dibendung lagi dikarenakan semakin berkembang pesat. Namun dibalik perkembangannya yang sangat pesat ternyata juga menimbulkan beberapa dampak yang dirasakan oleh banyak orang terumata para remaja.

Saat ini teknologi sudah menjadi primadona di kalangan remaja yaitu smartphone. Kebanyakan remaja sangat menyukai smartphone karena dapat memberikan kemudahan dalam setiap aktivitas mereka. Selain itu, smartphone juga memiliki ukuran dan bentuk yang relatif kecil sehingga akan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

Namun teknologi yang kita kenal dan sudah akrab di sekitar kita ternyata juga bisa menimbulkan dampak positif dan pengaruh negatif. Misalnya saja, jika remaja-remaja terlalu sering menggunakan teknologi maka hal ini akan menimbulkan rasa kecanduan dan ketergantungan seakan-akan mereka tidak mampu hidup tanpa teknologi. Pada akhirnya mereka akan lebih mementingkan teknologi yang mereka miliki. Sedangkan kegiatan untuk menuntut ilmu dan belajar akan mereka kesampingkan.

Diluar dampak negatifnya, teknologi juga mempunyai dampak positif yakni dengan menggunakan teknologi  untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah, contohnya mencari suatu materi dan saling berkomunikasi secara mudah dengan internet. Maka bisa disimpulkan bahwa sebagai seorang remaja, kita harus dapat memanfaatkan teknologi untuk berbagai hal baik dan positif.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

Di zaman  sekarang ini kita banyak menjumpai berita dan isu tentang pergaulan bebas. Sebenarnya pergaulan bebas sendiri berasal dari eskploitas seksual yang dialami oleh para remaja. Eksploitas seksual biasanya terdapat pada video atau gambar-gambar tidak senonoh yang sudah marak beredar di internet.

Dengan melihat adegan-adegan tidak senonoh yang ada di video biasanya para remaja akan beranggapan bahwa hal seperti ini merupakan hal yang wajar untuk dilakukan. Lebih parahnya lagi, banyak juga remaja yang akhirnya terjerumus lebih dalam untuk meminum minuman keras, merokok dan bahkan mengkonsumsi narkoba.

Menurut dasar pemikiran tersebut kami memiliki topik kenakalan remaja sebagai materi diskusi pada kesempatan kali ini.

Apabila kita mengetahui dan mengindetifikasi permasalahan yang dialami oleh para remaja, maka diharapakan dapat mencegah mereka untuk tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang bisa menimbulkan dampak negatif. Hal ini bisa terwujud jika diadakan pengarahan atau penyuluhan informasi dari berbagai pihak yang dianggap berkompeten untuk merubah mental para remaja atau yang disebut sebagai motivator.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan – Internet Sebagai Media Pembelajaran

Internet merupakan suatu jaringan yang biasa digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan suatu sistem. Keberadaan internet ini akan membuat pekerjaan kita lebih cepat dan mudah untuk dikerjakan. Dalam dunia pendidikan, internet telah menjadi suatu dilema dalam penggunaanya. Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh internet ini akan membuat para orang tua dan guru menjadi lebih protektif dalam memantau penggunaan internet.

Masyarakat atau orang tua telah beranggapan bahwa internet dalam proses pembelajaran akan sangat mengganggu kegiatan pembelajaran itu sendiri. Disamping itu, pemakaian internet dengan menggunakan handaphone akan lebih memudahkan anak untuk mengakses situs-situs yang tidak diinginkan.  Saat ini sudah banyak sekali situs yang tidak sesuai dengan mereka, hal ini tentunya  membuat orang tua semakin khawatir akan psikologi anaknya.

Media sosial yang dapat menimbulkan efek kecanduan untuk mengunakan handphone menjadi alasan kuat yang menjadikan kekhawatiran orang tua semakin meningkat.  Dengan penggunaan internet, seluruh sosial media dan situs yang diaksesnya akan menjadikan anak  cenderung apatis, cuek dengan lingkungan sekitar dan tidak mau bersosialisasi.

Pemakaian internet dalam suatu pembelajaran memang sudah menjadi suatu hal yang pro dan kotra di kalangan masyarakat. Meskipun dapat menimbulkan dampak negatif, internet juga memiliki dampak positif yang bermanfaat untuk pembelajaran siswa entah itu di rumah maupun di sekolah. Tetapi, baik guru ataupun orang tua diharuskan untuk memberikan arahan dan lebih mengontrol penggunaan internet oleh anak.

Guru, orang tua dan masyarakat memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan arahan dalam penggunaan internet secara bijak. Pengunaan internet yang baik dan benar akan menjadikan internet bermanfaat secara maksimal dan dapat meminimalisir dampak negatifnya.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kebersihan- Lingkungan Adalah Sumber Daya Alam Yang Sangat Besar

Lingkungan merupakan  salah satu dari sekian banyak sumber daya alam yang mempunyai arti yang cukup besar untuk makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Tuhan yang tak ternilai. Jika tidak ada lingkungan, maka juga tak akan ada kehidupan. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga keberhasilan lingkungan.

Disamping itu, kebersihan merupakan sebagian dari iman, oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan dimanapun kita berada. Keberhasilan juga merupakan hal terpenting bagi kesehatan, sebab di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Kebersihan merupakan keadaan bebas dari sampah seperti bau dan juga debu. Namun kebersihan seringkali diremehkan oleh para siswa, kesadaran yang sangat minim juga menjadi penyebab masih banyaknya sampah di lingkuang sekolah. Padahal lingkungan yang bersih merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Siswa akan lebih konsentrasi dan nyaman jika lingkungan bersih terutam di dalam ruang kelas yang menjadi tempat belajar.

Pada umumnya, seluruh warga sekolah mempunyai peranannya masing-masing untuk menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan indah. Tetapi, seringkali program sekolah tersebut tidak bisa berjalan dengan baik sehingga hasil yang didapat kurang maksimal. Sebenarnya setiap kali mengadakan upacara hari senin mereka selalu diingatkan untuk menjaga kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan – Baik atau Buruk Kebiasaan Minum Teh Itu?

Sama halnya dengan meminum kopi, kebiasaan masyarakat Indonesia pada umumnya adalah minum teh yang sudah lama dilakukan dari dahulu.  Bahkan kebiasaan ini juga sudah menjadi bagian dari tradisi. Biasanya teh akan disajikan saat ada kunjungan tamu, pertemuan ataupun sebagai minuman pendamping ketika sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Teh sendiri diperkenalkan pertama kali sekitar 5000 tahun yang lalu bahwa minuman ini berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh tersebut berasal dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang sangat khas menjadikan minuman ini disukai oleh berbagai macam golongan masyarakat.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun kebiasaan meminum teh secara berlebihan akan menimbulkan kerugian.

Terdapat bermacam kandungan aktif dalam teh sehingga menjadikan teh bermanfaat bagi kesehatan, seperti kandungan vitamin E dan vitamin C yang mampu membantu untuk memperkkuat daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan jantung, polyphenols yang berguna sebagai antioksidan untuk mencegah perkembangan sel kanker, caffein dan fluor yang berguna membantu dalam pencegahan tumbuhnya karies pada gigi dan memperkuat gigi.

Namun dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tak wajar memiliki pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Dikarenakan caffein yang terdapat di teh bisa menimbulkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat.

Disamping itu caffein mempunyai sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit apabila tidak mengonsumsinya. Pada ibu menyusui, caffein memberikan pengaruh kelenjar ASI sehingga dapat menghambat ketersediaan dan kelencaran ASI.

Zat caffein pada bayi bisa mempengaruhi usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral yang terdapat dalam teh pun memiliki kecenderungan membantu pembentukan batu ginjal.

Apabila kamu ingin mengonsumsi teh yang sehat, dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Karena jumlah tersebut dalam batas normal kadar kafein yang dapat dikonsumsi ialah setara 750 mg/hari.

Upayakan juga seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak atau ditambahkan gula untuk mencegah rusaknya zat-zat yang terkandung dan menghilangkan manfaat teh.