Contoh Teks Deskripsi Beserta Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Text Deskripsi – Teks deskripsi merupakan teks yang menjelaskan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang bisa merancang panca indera sehingga pembaca seakan-akan menyaksikan atau merasakan sendiri objek yang telah dideskripsikan oleh penulis.

Aspek-aspek yang dijabarkan bisa berupa keadaan, karakteristik, sifat atau perasaan yang dimiliki oleh objek itu sendiri.

Tujuan Teks Deskripsi

Teks deskripsi disusun karena memiliki tujun, yaitu memberikan penjelasan yang utuh kepada para pembaca agar mereka dapat memahami apa yang dibicarakan secara jelas, entah itu dalam bentuk fisik maupun wujud abstrak seperti sikap, rasa, dan lain sebagainya.

Teks deskripsi merupakan teks hasil pengamatan atau observasi, oleh karena itu informasi yang digunakan untuk menjelaskan suatu benda atau objek harus jelas, berdasarkan data dan fakta yang ada pada objek tersebut.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri khusus yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainnya. Ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut :

  1. Menjelaskan atau menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat atau suasana tertentu.
  2. Pada umumnya akan melibatkan panca indera seperti penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan.
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti ukuran, bentuk, warna dan kepribadian yang jelas dan detail.
  4. Adanya kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai 3 unsur sebagai struktur pembangunnya. Berikut ini adalah unsur-unsur teks deskripsi :

  • Identifikasi, bagian ini berisi penentuan dari indentitas seseorang, benda, atau objek tertentu.
  • Klasifikasi, adalah unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok berdasarkan kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan
  • Bagian Deskripsi, pada bagian ini berisi gambaran atau penjelasan tentang suatu objek atau topik yang terdapat dalam paragraf tersebut.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi dapat dibedakan menjadi 3 jenis teks, yaitu teks deskripsi spatial, subjektif, dan objektif.

  • Teks deskripsi subjektif. Sebuah teks deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan kesan yang dimiliki oleh si penulis.
  • Teks deskripsi spatial. Dalam teks deskripsi yang satu ini objek yang dipaparkan hanya berupa benda, tempat, ruang, dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi objektif. Dalam teks deskripsi ini pemaparan tentang objek yang digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, sehingga para pembaca dapat membayangkan keadaan tanpa ada penambahan opini dari si penulis.

Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh teks deskripsi dari berbagai tema. Untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapanya.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Kelas X11 IPS 1 sudah kami anggap seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sinilah kami bertemu dengan teman-teman yang baik dan ramah. Di sini juga kami menuntut ilmu untuk bisa meraih masa depan.

Meskipun kelas kami tidak terlalu luas, kurang lebih 7 x 6 m2 tetapi kelas ini sangat bersih dan nyaman.

Lantai kelas kami dilapisi dengan keramik yang berwarna putih sehingga tampak bersih dan mengkilap. Selain bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami memiliki sepasang kursi dan meja sebanyak 31 buah, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang cukup besar. Disamping kiri papan tulis tersebut, ada sebuah meja guru dan juga lemari besar.

Dinding kelas kami berwarna putih bersih yang dihiasi oleh gambar-gambar pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata bijak. Di dinding belakang kelas kami juga ada sebuah mading yang telah dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata bijak yang merupakan karya dari kami semua.

Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang bersih dan lengkap sehingga kami semua menjadi lebih semangat untuk belajar demi menyongsong masa depan kami.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang tidak ada yang mampu menandingi di negara manaapun yang ada di dunia.

Hampir semua pesona alam dapat kita temui di Indonesia mulai dari daratan hingga laut. Maka tak heran jika banyak sekali wisatawan yang datang jauh-jauh ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan alamnya.

Selain keindahan alam yang disuguhkan ternyata di dalam keindahan tersebut ada banyak hal yang jarang kita ketahui seperti flora dan fauna yang langka.

Alam Indonesia yang paling terkenal di mata dunia adalah keindahan pantainya yang menakjubkan. Ada banyak sekali pulau yang ada di Indonsia sehingga  membuat kekayaan laut dan pantai semakin berwarna.

Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga banyak diincar oleh wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati keindahannya. Beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai keindahan pantai yang sangat menakjubkan adalah Manado, Bali, dan Raja Ampat.

Tidak hanya keindahan pantai saja, Indonesia juga merupakan negara dengan cangkupan hutan paling besar di dunia. Oleh karena itu Indonesia terkenal sebagai paru-paru dunia sebab 1/3 hutan di dunia berada di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia juga sangat menakjubkan, sebab memang hijau hamparan pohon yang membuat mata anda seakan-akan terhipnotis. Selain itu, binatang dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi incaran para wisawatan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.