Contoh Descriptive Text Lengkap Dengan Pengertian, Ciri Ciri dan Struktur Kebahasaan

Text Descriptive – Mungkin anda sudah paham benar dengan yang namanya deskripsi. Sadar atau tidak, seringkali kita mendiskripsikan sesuatu entah itu benda, tempat, orang, ataupun tumbuhan. Saat mendiskripsikan sesorang misalnya, pasti kita akan menggambarkan fisik dari orang tersebut, baik itu tinggi badan, bentuk badan, mata, bibir, dan lainnya.

Nah, descriptive text sendiri hampir sama dengan apa yang sering kita lakukan dalam mendeskripsikan sesuatu. Bedanya, descriptive  text dalam bahasa Inggris yang akan kita bahas ini memiliki beberapa peraturan seperti tujuan, struktur teksnya, dan penggunan bahasanya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Descriptive Text secara lengkap mulai dari segi pengertian, tujuan, struktur, dan ciri bahasa yang dilengkapi dengan beberapa contoh untuk memperkuat penjelasan dan pembahasan. Semoga penjelasan dan contoh descriptive text yang kami sampaikan di bawah ini bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text merupakan salah satu jenis teks yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam menggambarkan suatu benda, tempat, manusia, hewan, dan lain sebagainya. Descriptive Text diartikan sebagai jenis teks bahasa Inggris untuk menggambarkan seperti apa benda atau makhluk hidup yang akan dideskripsikan, baik itu secara kenampakan, bau, suara, tekstur, jumlah, ataupun sifat-sifatnya dari benda atau makhluk hidup itu sendiri.

Descriptive text tidak memerlukan informasi secara detail misalnya dari hasil penelitian atau observasi lebih jelas dalam mendeskripsikan sesuatu. Melainkan, jenis teks ini lebih mengarah ke menggambarkan apa kita lihat, dengar, dan rasakan pada sesuatu yang akan dideskripsikan.

Tujuan Kebahasaan Descriptive Text

Tujuan kebahasaan dari descriptive text adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari sebuah benda, tempat, atau makhluk tertentu secara umum dan simple, tanpa adanya riset atau penelitian lebih mendalam dan menyeluruh.

Struktur Kebahasaan Descriptive Text

Setiap contoh descriptive text memiliki dua bagian yang menjadi ciri khas struktur kebahasaan dari descriptive text. Kedua bagian tersebut adalah identification dan description. Berikut adalah ulasan selengkapnya dari kedua bagian tersebut.

  • Identification

Identification merupakan bagian dari Descriptive Text yang memiliki isi tentang topik atau “apa” yang akan kita gambarkan atau deskripsikan.

  • Description

Description merupakan bagian akhir dari Descriptive Text yang memiliki isi tentang pembahasan atau penggambaran tentang topik atau “apa” yang terdapat di Identification mengenai kenampakan fisik, kualitas, perilaku umum ataupun sifat-sifatnya.

Ciri Bahasa Descriptive Text

Dalam sebuah descriptive text, terdapat ciri-ciri kebahasaan yang membedakannya dengan jenis teks pada umumnya. Berikut ini adalah ciri-ciri kebahasaan tersebut :

  • Menggunakan simpel present tense. Contohnya : He has a pointed nose, it is so big, etc.
  • Memakai beberapa macam adjectives (kata sifat) yang bersifat menggambarkan (describing), menomerkan (numbering) dan mengklafisikan (classifying). Contohnya : o strong legs, sharp, white fangs, etc.
  • Memakai linking verb (kata kerja penghubung) yaitu is, are, appear, feel, grow, look, prove, remain, smell, sound, taste, dan turn. Contohnya : Hes is handsome, is smell nice, the sunds beautiful, etc.
  • Memakai Adverb (kata keterangan) untuk memberikan informasi tambahan tentang perilaku atau sifat (Adjective) yang dijelaskan, yaitu very, extremely, definitely. Contohnya : He is very handsome, the song sounds exteremely beautiful, etc.

Contoh Descriptive Text

Agar lebih memahami tentang penjelasan Decriptive Text di atas, kami akan memberikan beberapa contoh descriptive text dengan terjemahannya dibawah ini:

Ibuku Tercinta

Setiap orang tentu mempunyai seorang ibu. Karena manusia sendiri terlahir darinya. Kehadiran ibu di dalam kehidupan kita sungguh sangat penting. Itulah mengapa saya begitu mencintainya. Saya berhutang banyak pada apa yang telah dia lakukan sampai detik ini. Dan inilah ibu saya.

Nama ibu saya adalah Khodijah. Beliau lahir 59 tahun silam. Beliau pendek, tetapi tidak pendek. Beliau memiliki badan yang agak gemuk dan tentunya beliau sudah tua.

Beliau mempunyai rambut putih pendek yang sangat lurus. Beliau mempunyai kulit coklat dan beliau sangat cantik. Tangannya sangat lembut, tangan yang selama ini mengajarkan saya untuk selalu menjadi orang yang baik.

Beliau tidak pernah berhenti mendukung langkah-langkah saya. Beliau selalu memberitahu saya untuk menjadi seseorang yang tidak mudah menyerah dengan gampang. Beliau juga selalu memberikan saya solusi bijak pada saat saya menghadapi beberapa persoalan. Yang paling penting adalah beliau tidak pernah terelaknya. Itulah alasan mengapa saya tidak pernah menolak keinginan beliau.

Kucing Kesayanganku

Saya memiliki seekor kucing liar sebagai hewan peliharaan saya. Dia sangat lucu, senang bermain dengan saya dan selalu menemukan hal-hal baru. Dia mempunyai bulu cantik yang berwarna oranye dan putih, bulunya sangat lembut sehingga membuat saya ingin selalu mengelusnya. Dia mempunyai ekor yang cukup panjang. Ia pun suka bermain dengan ekornya. Ia juga selalu berusaha untuk menangkap ekor panjangnya. Saya juga suka menggendongnya di tangannya, ketika saya menggendongnya maka dia akan tertidur.

Anjing Saya

Ayah saya membeli anjing pada ulang tahun saya beberapa waktu yang lalu.Anjing ini adalah anjing golden retriver jantan. Aku sangat mencintai dia sebagai hewan peliharaan saya. Namanya adalah Jiji. Dia mempunyai bulu cantik yang berwarna coklat. Bulunya sangat lembut dan dia suka sekali untuk menggosok perutnya. Dia mempunyai ekor yang cukup panjang dengan tubuh besar. Aku selalu membawanya untuk pergi jalan-jalan di sekitar karena ia sangat menyukainya. Jiji sudah kami anggap seperti keluarga sendiri.

Kelinci Saya

Saya memiliki seekor kelinci. Bulu halusnya berwarna putih dan mempunyai bintik-bintik hitam. Dia mempunyai telinga yang panjang dengan ekor pendek. Dia juga mempunyai mata lucu besar yang berwarna merah. Kelinci saya biasa maka wortel dan sayuran yang lainnya. Saat melepaskan kelinci saya dari kandangnya, ia pun akan melompat ke mana-mana dan sangat sulit ditangkap. Oleh karena itulah saya hanya bisa menempatkan di dikandangnya saja karena aku takut ia akan melarikan diri. Aku benar-benar tidak ingin kehilangan kelinci saya karena saya begitu mencintainya.

Ikan Mas Ku

Pada saat pergi ke karnaval, saya membeli ikan mas yang sangat cantik. Dia mempunyai warna kuning sedikit keemasan. Kepala dan perutnya sangat bulat dan besar. Aku menempatkannya di sebuah akuarium. Aku menyukainya ketika dia berenang karena terlihat sangat lucu. Hanya dengan melihat dia berenang saja aku merasa sangat tenang.

Leave a Comment