Contoh Teks Cerpen Beserta Pengertian, Ciri, dan Unsur-Unsurnya

Contoh Text Cerpen – Selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang contoh teks cerpen. Sebelum itu tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan cerpen, saat duduk di bangku sekolah kita seringkali mendengar kata cerpen. Cerpen atau singkatan dari Cerita pendek merupakan sebuah karya tulis yang termasuk dari jenis prosa narasi fiktif.

Sesuai dengan namanya, cerpen biasanya lebih padat, singkat, padat, dan langsung ke bagian tujuan atau intinya, sangat berbeda sekali jika disamakan jenis tulisan fiksi yang lainnya.

Nah, pada pembahasan berikutnya kami akan membahas cerpen secara lengkap. Mulai dari pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen, serta unsur-unsur instrinsi dan ektrinsik cerpen. Selain itu,  kami juga akan memberikan beberapa contoh teks cerpen. Baiklah langsung saja inilah pembahasan selengkapnya tentang contoh teks cerpen.

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang menerangkan sebuah kisah dan cerita mengenai manusia beserta seluk beluknya melalui tulisan singkat atau pendek.

Pengertian cerpen lainnya adalah sebuah karangan fiktif yang isinya menceritakan tentang kehidupan seseorang ataupun kehidupan yang akan dibahas secara singkat dan berpusat hanya pada satu tokoh.

Umumnya cerita pendek memiliki jumlah kata yang kurang dari 10.000 kata atau hanya 10 halaman saja. Disamping itu, cerita pendek hanya sekedar membawakan suatu kesan tunggal dan memfokuskan diri hanya pada salah satu tokoh dan hanya pada kondisi yang tertentu saja.

Ciri-ciri Cerpen

Ada beberapa ciri-ciri cerpen yang perlu anda ketahui. Sebagian besar orang menganggap bahwa cerpen adalah novel, padahal ditinjau dari jumlah katanya saja sudah sangat berbeda. Berikut ini adalah ciri-ciri cerpen yang selengkapnya.

  1. Cerpen mempunyai alur cerita yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan novel.
  2. Jumlah kata pada sebuah cerpen kurang dari 10.000 kata.
  3. Umumnya cerpen akan menceritakan sebuah kisah yang diambil dari kehidupan sehari-hari.
  4. Cerpen tidak menceritakan secara detail seluruh cerita dari setiap tokohnya, karena cerpen hanya menggambarkan atau menceritakan intinya saja.
  5. Tokoh yang ada di dalam cerita cerpen akan dikisahkan ditimpa suatu masalah atau konflik sampai pada level penyelesaiannya.
  6. Penggunaan kata yang sederhana dan dapat dipahami oleh para pembaca.
  7. Pada cerpen biasanya akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam, bahkan pembaca dapat secara langsung merasakan hal yang berlangsung pada cerita tersebut.
  8. Umumnya cerpen hanya sekedar mengisahkan suatu peristiwa saja.
  9. Alur cerita pada cerpen bersifat lurus dan tunggal.
  10. Ponokohan pada cerpen juga sederhana, tidak begitu mendalam dan sangat singkat.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Cerpen atau cerita pendek ini terdiri dari 2 unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya dari kedua unsur tersebut.

Unsur Intrinsik Cerpen

  1. Tema, merupakan suatu gagasan pokok yang menjadi dasar bagi jalannya sebuah cerita pada cerpen.
  2. Alur atau Plot, adalah jalan dari sebuah cerita cerpen.
  3. Setting, berhubungan dengan latar, waktu, dan kondisi yang berlangsung pada sebuah cerpen.
  4. Tokoh, adalah pelaku yang terlibat secara langsung dengan isi cerita cerpen.
  5. Penokohan, pelabelan sifat atau karakter bagi para tokoh pada sebuah cerpen.
  6. Sudut Pandang, adalah cara pandang penulis terkait memandang suatu peristiwa pada sebuah cerita pendek.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

  1. Latar Belakang atau background Masyarakat, merupakan efek dari situasi dan kondisi latar belakang masyarakat dengan terjadinya alur cerita.
  2. Latar Belakang Pengarang, berhubungan tentang pemahaman penulis yang terkait dengan sejarah hidupnya dan juga sejarah yang telah sukses dikarang sebelumnya.

Contoh Cerpen Cinta Sejati

Cinta sejati. Apakah kalian yakin akan hal itu? Konon katanya “Cinta Sejati” dimiliki oleh setiap orang? Cinta yang menurut kebanyakan orang sangat indah dan bisa membuat orang yang mengalaminya berubah menjadi bahagia? Mitos cinta sejati yang sangat mengaum di hati ini.

Kuamati bingkai putih yang berada di tepi tempat tidurku. Aku tersenyum saat mengamati benda yang ada pada bingkai tersebut.

Bukanlah sebuah foto ataupun lukisan, melainkan hanya sebuah kertas yang lusuh. Kertas catatan PKN yang dulunya pernah aku robek dari buku miliknya sekitar 3 tahun yang lalu di waktu ada acara perpisahan SMP. Dia sama sekali tidak tahu kalau aku sudah merobek buku catatannya. Bahkan dia juga tidak pernah kenal aku. Aku hanyalah satu diantara ratusan fansnya yang ada di sekolah.

Dia bukanlah artis. Dia hanya seorang siswa yang memiliki paras tampan dan cerdas yang belajar di sekolahku pada saat itu. Dia termasuk kaya dan sangat berbakat di bidang olahraga. Justru, sifatnya yang cuek inilah yang menjadi daya tarik sendiri bagi para wanita, termasuk aku.

Tetapi, bisa dibilang, aku tidak begitu memperlihatkan bahwa aku benar-benar suka kepadanya. Aku juga tidak pernah bersapa ataupun menegur dia ketika kami sedang berpapasan. Aku hanya menyukainya melalui diam.

Justru, robekan catatan PKN itu aku ambil dengan diam-diam supaya kenanganku bersamanya masih tetap ada ketika saat di sekolah. Aku lagi-lagi tersenyum saat menatap robekan kertas lusuh itu. Banyak orang yang mengatakan,  apapun itu, kalau memang jodoh, maka dia akan tetap kembali lagi. Aku pun percaya jika pada suatu saat nanti kami akan bertemu kembali.

Kemudian aku keluarkan kertas tersebut dari bingkainya. Aku peluk dengan mesra, dan ku ajak kertas itu untuk tersenyum dan tertawa bareng.

Mungkin sangat gila, dan memang konyol. Setelah puas dengan hal yang kulakukan tersebut, aku lalu menaruh kembali kertas tersebut ke dalam bingkai yang ada diatas meja belajarku.

Dan…………

Syuutttt………………

Kertas tersebut keluar dari jendela dan berterbangan dihembuskan oleh angin dan jatuh di pekarangan rumah. Segera langsung aku keluar dari rumah dan lari untuk mengejar kertas tersebut. Kertas lusuh itu hanyalah satu-satunya barang yang bisa membuat aku selalu mengingatnya.

Ketika aku hampir meraihnya, angin lagi lagi berhembus sangat kencang membawa kertas itu. Aku benar benar sangat kesal. Akhirnya aku mengejar terus kertas itu.

Saat akan memungutnya kembali, kertas tersebut diinjak oleh seseroang. Lalu orang tersebut mengambil kertas itu. Namun meskipun begitu aku masih merasa sangat kesal ketika mengetahui kalau kertas tersebut diinjak oleh seseorang. Dengan kesal aku masih mengamati jalanan yang berdebu dan marah.

“Ohh, dari tadi kamu lagi ngejar kertas ini ya?” ujar orang tersebut. Aku mengenali suara bariton tersebut, kemudian aku menengok dan melihat wajah dari orang yang punya suara ini.

NYESS……….

Loh, itu kan dia? Dia kan yang punya kertas yang aku robek itu? Arya. Laki-laki keren, ganteng, dan pandai itu………. Bagaimana bisa dia berada disini?

“Maaf ya. Aku waktu itu diam diam merobek bukumu”

“Tidak apa apa kok Shafira. Beneran, tidak apa apa. Sebab aku sering juga secara diam diam mengambil foto kamu saat itu.“ Akunya kepadaku? Ia… kok bisa tahu namaku?

“Foto? Diam-diam?”

“Lebih indah kita nostalgianya kita ke taman saja yuk.” Ucapnya disertai memegang tanganku untuk menuju taman.

Aku pun benar benar tidak percaya dengan hal yang telah aku alami dan lihat. Ternyata fotoku selama ini ada di dompet Arya?

“Aku dulu sangat suka dengan kamu. Sebab kamu adalah satu-satunya wanita yang tidak pernah menyapa aku sama sekali saat di sekolah. Shafira kamu benar benar cuek dan aku sangat menyukai hal itu.” Ujar Arya sambil tersenyum.

“Saat lalu, aku ingin sekali memiliki kesempatan untuk mengenal kamu lebih dekat lagi dan bahkan bisa jadi pacar kamu. Tetapi apa daya, berada didekatmu saja aku sudah sangat gemeteran pada waktu itu. Ditambah lagi bisa bicara dengan kamu seperti sekarang ini.

Aku juga tahu kok kalau kamu yang merobek bukuku. Hanya saja aku pura-pura tidak tahu. Aku justru sangat senang jika kamu waktu itu merobek kertas ini. Dengan begitu, ini berarti kamu juga sama aku kan? Ayo ngaku saja! Ujar Arya sambil tersenyum malu.

“Jujur saja sebenarnya aku bingung ingin berkata apa…”

“Apa kamu percaya dengan true love”

“True love? Apa artinya itu?” tanya aku.

“Awalnya aku memang sangat ragu, tetapi pada malam ini aku sungguh percaya dengan adanya true love. Aku sekarang sudah menemukan True Love dan sedang berada di depan aku. Aku sangat suka dengan kamu Shafira.” Ujar Arya.

“Will you be My True Love, Shafira? Ujar Arya.

Benarkah dia sekarang sedang mengungkapkan perasaanya didepanku? Secara tidak sadar aku pun langsung mengucapkan “Yes I Will”

Percaya atau tidak, itulah faktanya. Terkadang cinta sejati bisa datang dengan sendirinya. Sejauh apapun jarak, cinta sejati akan selalu menemukan jalanya lagi dan lagi supaya kita jumpai.

Contoh Cerpen Persahabatan di Sekolah

Saat ini aku berada di kelas 3 SMP, setiap hari kujalani bersama dengan ketiga sahabatku yaitu aris, andri, dan ana. Kita berempat sudah bersahabat sejak kecil.

Suatu saat kami menulis surat perjanjian persahabatan di sobekan kertas yang dimasukkan ke dalam sebuah botol, kemudian botol tersebut dikubur dibawah pohon yang nantinya surat tersebut akan kami buka saat kami menerima hasil ujian kelulusan.

Hari yang kami berempat tunggu akhirnya tiba, kamipun menerima hasil ujian dan hasilnya kita berempat lulus semua. Kami serentak langsung pergi berlari ke bawah pohon yang pernah kami datangi dan menggali tepat dimana botol yang dahulu dikubur berada.

Kami berempat membuka botol tersebut dan membaca tulisan yang dulu pernah kami tulis. Kertas tersebut bertuliskan “Kami berjanji akan selalu bersama untuk selamanya.

Kessokan hari, aris berencana untuk merayakan kelulusan kami berempat. Malamnya kami ber 4 pergi bersama ke suatu tempat dan disitulah saat-saat yang tidak bisa aku lupakan karena aris berencana untuk menyatakan perasannya kepadaku. Akhirnya aku dan anis berpacaran.

Begitu juga dengan andri, dia pun berpacaran dengan ana. Malam itu sungguh malam yang istimewa untuk kami berempat. Kami pun bergegas untuk pulang.

Ketika perjalanan pulang, entah mengapa perasaan ku tidak enak.

“Perasaanku ngga enak banget ya?” Ucapku penuh cemas.

“Udahlah ndi, santai aja, kita ngga bakalan kenapa-kenapa” jawab andri dengan santai.

Tidak lama setelah itu, hal yang dikhawatirkan nindi terjadi.

“Arissss awasss! di depan ada juang!” Teriak nindi.

“Aaaaaaaaaa!!!”

Bruuukkk. Mobil yang kami kendarai masuk ke dalam jurang. Aku tak kuasa menahan air mata yang terus mengalir sampai aku tidak sadarkan diri.

Perlahan aku buka mataku sedikit demi sedikit dan aku melihat ibu berada di sampingku.

“Nindi.. kamu sudah sadar nak?” Tanya ibuku.

“Ibu.. aku dimana? Dimana ana, andri, dan aris?” tanyaku.

“Kamu di rumah sakit nak, kamu yang sabar ya, andri dan aris tidak tertolong di lokasi kecelakaan” Jawab ibu sambil menitihkan air mata.

Aku terdiam mendengar ucapan ibu dan air mataku menetes, tangisku tiada henti mendengar pernyataan ibu.

“Aris, mengapa kamu tinggalkan aku, padahal aku sayang banget ke kamu, aku cinta kamu, tapi kamu ninggalin aku begitu cepat, semua pergi ninggalin aku.” batinku berkata.

2 hari berlalu dan aku berkunjung ke makam mereka, aku berharap kami bisa menghabiskan waktu bersama sampai tua. Tetapi sekarang semua itu hanya angan-angan. Aku berjanji akan selalu mengenang kalian.