Contoh Teks Ceramah Singkat Pergaulan Bebas dan Menuntut Ilmu Beserta Unsur Dan Struktur

 Text Ceramah Singkat – Tentu anda sudah sering melihat video orang yang berceramah di televisi, internet, ataupun secara langsung. Kemudian apa sih perbedaan antara ceramah, sambutan dan khotbah. Secara umum, ceramah, sambutan, dan khotbah adalah bagian dari pidato. Hal ini berarti ketiganya sama-sama merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak umum untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau informasi kepada para pendengar yang bersifat persuasif. Namun, topik yang akan disampaikan tidak sama.

Ceramah dan khotbah adalah suatu pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama. Sementara sambutan adalah suatu pidato yang disampaikan sebagai pembuka sebuah acara. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai ceramah. Sepeti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ceramah adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama. Ajaran-ajaran yang disampaikan bisa berupa nasihat, petuah, petunjuk ataupun suatu kisah.

Unsur-unsur ceramah

1. Penceramah

Penceramah adalah orang yang melakukan kegiatan ceramah. Untuk menjadi penceramah, seseorang harus memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi yang diberikan kepada pendengar.

2. Pendengar

Pendengar merupakan penerima nasihat-nasihat dari penceramah. Dalam hal ini, pendengar bisa siapa saja tidak terbatas status sosial, umur, jenis kelamin, latar belakang, dan lain-lain.

3. Materi

Materi dalam ceramah berasal dari ajaran-ajaran agama. Akan tetapi, ceramah yang bagus adalah ceramah yang mampu membuat pendengar tergugah dan terdorong untuk melakukan nasihat-nasihat yang disampaikan oleh penceramah. Selain itu, materi hendaknya disusun secara sistematis sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.

4. Metode Ceramah

Metode ceramah adalah cara-cara yang digunakan seorang penceramah untuk menyampaikan materi. Metode ceramah terbagi menjadi:

  • Impromptu, yakni metode ceramah tanpa persiapan. Biasanya penceramah yang melakukan metode ini sudah memiliki jam terbang berceramah yang cukup tinggi.
  • Menghafal, yakni dilakukan dengan persiapan, kemudian menghafalnya.
  • Membaca naskah, yakni melakukan ceramah dengan naskah lengkap.
  • Ekstemporan, yakni metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat.

5. Media Ceramah

Media ceramah adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada pendengar. Ceramah di zaman sekarang tidak hanya dilakukan di rumah ibadah, tetapi juga bisa di banyak tempat. Adapun kegiatan ceramah bisa dilakukan secara langsung ataupun direkam sehingga pendengar bisa melihat dari internet atau televisi.

Struktur Teks Ceramah

1. Pendahuluan

  • Pembuka: bagian ini berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.
  • Pengantar: bagian ini adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Biasanya pengantar berasal dari informasi atau berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah.

2. Isi Ceramah

  • Inti: berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ilustrasi dari materi yang disampaikan.
  • Gagasan: berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah yang baik berisi satu gagasan besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik.

3. Penutup

  • Simpulan
  • Ucapan permintaan maaf
  • Salam penutup

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita semua telah diberi kesempatan pada pagi hari ini untuk bertemu di masjid ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Alhamdulillah kita masih diberikan nikmat sehat yang tiada taranya sehingga kita bisa berkumpul untuk saling menjalin silaturahim.

Hadirin sekalian yang saya sayangi, karena yang berkumpul disini mayoritas adalah para remaja meskipun ada juga yang sudah ibu-ibu dan bapak-bapak.

Maka dari itu saya akan membahas tentang pergaulan bebas yang sudah menjadi momok bagi kalangan remaja, dan semoga bagi anda semua yang telah menjadi orang tua bisa menjaga anaknya dari pengaruh pergaulan bebas.

Seperti yang kita ketahui bahwa orang tua kita tidak mungkin bisa untuk selalu mengawasi kita, mungkin mereka hanya bisa mengawasi kita ketika sedang berada di rumah atau saat kita masih kecil yang pastinya akan selalu membutuhkan bantuan mereka untuk mengajari kita berjalan, membaca, menulis, dan berbicara.

Akan tetapi, semua ini akan sangat berbeda ketika kita sudah menginjak remaja yang dimana jangkauan sosial kita menjadi lebih luas, entah dari lingkungan sekolah ataupun lingkungan bermain. Terlebih lagi jika kita sudah bisa merasakan ketertarikan dengan lawan jenis.

Pada dasarnya, ketertarikan pada lawan jenis merupakan fitrah dari yang Maha Kuasa, ini naluri normal setiap ummat manusia.

Tanpa fitrah ini pastinya kita tidak akan bisa berkembang biak sampai sekarang ini, bahkan kita tidak akan berada disini. Terlebih lagi dari cinta kita muncul ke nafsu seksual. Ya hal ini tidak masalah jika nafsu tersebut kita salurkan saat sudah halal atau menikah dan justru menjadi pahala. Namun yang menjadi masalah adalah jika nafsu tersebut disalurkan sebelum waktunya.

Dimana kita melakukan segala sesuatu yang negatif tersebut sangat didukung oleh lingkungan sekitar kita, teman-teman kita, apabila yang satu sudah memiliki pacar yang satunya pun jadi ikut-ikutan supaya gak dikatain ketinggalan zaman atau apalah. Ya begitulah remaja saat ini yang sangat rentan dengan coba-coba, ikut-ikutan padahal mereka sudah tahu bahwa hal tersebut tidak benar.

Oleh sebab itu saudara sekalian perlunya untuk mengikuti kajian ini, supaya kita semua selalu didekatkan dengan teman-teman yang positif, yang akan selalu mengajak kita dalam kebaikan, menghindari pergaulan bebas, dan untuk para orang tua semoga bisa selalu menjaga anaknya dari pergaualan bebas bagaimanapun caranya.

Sekian wejangan singkat yang dapat kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita semua telah diberi kesempatan pada pagi hari ini untuk bertemu di masjid ini dalam keadaan s14at wal’afiat. Alhamdulillah kita masih diberikan nikmat sehat yang tiada taranya sehingga kita bisa berkumpul untuk saling menjalin silaturahim.

Saudara sekalian yang saya cintai,  disini saya akan menyampaikan tentang menuntut ilmu. Sebagaimana firman Allah dalam surah AL-Mujadalah ayat 11 yang artinya adalah : “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan  yang berilmu dengan beberapa derajat.”

Dalam ayat ini telah dijelaskan bahwa keutamaan orang yang mau menuntut ilmu baik itu ilmu dunia ataupun akhirat, sebab dengan memilki banyak ilmu kita tidak akan buta. Kita bisa melihat sesuatu segala sesuatu dari sudiut pandang manapun, dengan begitu fikiran kita akan menjadi jernih dan bijak dalam mengambil keputusan.

Sebagai contoh sejak kecil saat kita sekolah, kita bisa membaca, menulis, berhitung, menganalisam dan kita mempelajari tentang ilmu akademik ataupun terapan seperti matematika, fisika, biologi, sosiologi, akuntansi, PPKN, pendidikan agama, dan lain sebagainya.

Dengan ilmu tersebut wawasan kita akan menjadi semakin luas, dari fisika  akan kita jadi tahu kalau ait bisa berubah wujud, dari matematika kita bisa berhitung.  Dari ilmu agama kia akan mengatahui tentang sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana semestinya kita bersikap kepada Allah dan ke sesama ummat manusia.

Jadi apabila kita hanya berdiam diri saja tanpa mau belajar kita akan buta melihat segalanya, terlebih lagi sebagaimana pentingnya ilmu agama yakni untuk masa depan akhirat kita nantinya, karena ilmu agama sendiri tidak hanya bisa kita temukan saat belajar di sekolah dan kajian ilmu saja tetapi juga belajar dari kehidupan sehari-hari. Baik itu saat membantu orang lain, beramal, sedekah, sholat, dan sebagainya.

Sekian wejangan yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang contoh teks ceramah singkat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang kini sedang mencari referensi contoh teks ceramah. Terima kasih atas perhatiannya !

Leave a Comment