Contoh Teks Biografi Singkat Tentang Pahlawan Nasional Lengkap Dengan Strukturnya

Text Biografi – Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui tentang pengertian teks biografi. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman hidup entah yang menyenangkan maupun menyedihkan.

Lalu apa hubungannya dengan biografi? Anda akan menemukan jawabannya dalam pembahasan kali ini. Karena dalam pembahasan kali kita akan mengulas secara lengkap dan jelas tentang pengertian teks biografi, unsur kebahasaan teks biografi, ciri-ciri teks biografi, struktur teks biografi, jenis-jenis teks biografi, dan contoh teks biografi singkat. Jadi, anda akan menjadi lebih mudah untuk memahami apa itu teks biografi. Nah untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teks Biografi

Mungkin anda pernah mendengar tentang teks biografi. Namun, apa sih pengertian teks biografi? Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang memiliki arti hidup  dan graphienyang berarti tulis.

Teks Biografi merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan tentang kehidupan seseorang atau riwayat hidup seseorang.

Biografi singkat hanya akan membahas tentang fakta-fakta yang telah terjadi pada kehidupan seseorang dan peran pentingnya terhadap lingkungan.

Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang sifatnya penting, namun dikisahkan secara lengkap dan detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik dan menarik.

Biografi adalah sebuah buku yang menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa yang telah dialami oleh seseorang. Lewat biografi tersebut kita akan menemukan hubungan, keterangan atau penjelasan dari suatu tindakan atau misteri yang mencangkup kehidupan seseorang.

Biografi dapat menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh penting atau tokoh yang terkenal ataupun yang tidak terkenal. Biografi biasanya menceritakan tentang toko sejarah, tetapi banyak juga yang menceritakan tentang orang yang masih hidup. Sekarang ini banyak sekali biografi yang ditulis secara kronologis.

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi memiliki unsur-unsur kebahasaan yang menjadi pembangun, diantaranya :

  1. Kata Penghubung atau konjungsi
  2. Merujuk Kata
  3. Kata Kerja
  4. Waktu, aktivitas, dan tempat

Ciri-Ciri Teks Biografi

Teks biografi memiliki ciri-ciri khusus yang dapat membedakannya dengan jenis teks pada umumnya. Ciri-ciri dari teks biografi adalah sebagai berikut :

  1. Biografi harus berisi cerita yang berdasarkan fakta sebenarnya atau fakta yang telah terjadi pada tokoh yang diceritakan dalam sebuah narasi.
  2. Bisa diteladani oleh orang lain yang berdasarkan pengalaman hidup tokoh dalam menghadapi persoalan-persoalan yang dihadapinya sehingga termasuk seseorang yang sukses hingga sekarang.
  3. Struktur teks biografi terdiri dari orientasi, masalah, dan reorientasi.

Struktur Teks Biografi

Berikut dibawah ini adalah struktur-struktur yang dimiliki oleh teks biografi :

  • Orientasi, merupakan bagian yang menjelaskan atau menggambarkan pengenalan pada tokoh, isinya berupa gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
  • Peristiwa dan Masalah, pada bagian ini berisi mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang pernah dialami dialami oleh seseorang. Termasuk didalamnya berisi mengenai masalah pernah ia hadapi dalam mencapai suatu tujuan dan cita-cita dalam hidupnya.

Hal-hal yang sangat menarik, mengesankan, mengagumkan, dan menyedihkan yang pernah dialami oleh seseorang tokoh yang dibahas dalam bagian ini.

  • Reorientasi, merupakan bagian penutup dalam teks biografi. Pada bagian ini berisi mengenai pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Reorientasi bersifat, yang berarti bagian ini boleh ditulis atau tidak.

Jenis-Jenis Biografi

Teks biografi sendiri terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis teks biografi :

  1. Biografi Berdasarkan Sisi Penulisnya

Berdasarkan sisi penulisnya, teks biografi dapat dibedakan menjadi 2 :

  • Autobiografi, adalah teks biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh atau orang yang bersangkutan.
  • Biografi, adalah biografi yang ditulis oleh orang lain dengan izin dari tokoh yang diceritakan.
  1. Biografi Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, teks biografi dapat dibedakan menjadi 2 :

  • Biografi perjalanan hidup, adalah biografi yang menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang atau tokoh yang diulas secara mendetail ataupun singkat.
  • Biografi perjalanan karir, adalah biografi yang menceritakan perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal sampai ia bisa mencapai kesuksesan.
  1. Biografi Berdasarkan Persoalan yang dibahas

Berdasarkan persoalan yang dibahas, teks biografi dapat dibedakan menjadi 2:

  • Buku sendiri, adalah biografi yang semua biayanya ditanggung sendiri oleh si pembuat biografi tersebut.
  • Buku subsidi, adalah biografi yang biaya pembuatannya ditanggung oleh pihak sponsor entah itu dari segi biaya penulisan, percetakan, dan biaya lainnya yang tak terduga.

Contoh Teks Biografi Singkat Beserta Strukturnya

R.A Kartini

Orientasi

Raden Ajeng Kartini atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Ibu Kartini. Dia terlahir dari sebuah keluarga yang terpandang dan lahir pada tanggal 21 April 1987. Salah satu hal yang diwarisi Kartini dari keluarganya adalah pendidikan.

R.A Kartini hanya mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar sampai tamat di sekolah dasar saja. Karakternya yang haus akan ilmu pengetahuan, membuat Kartini ingin terus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Akan tetapi, ayahnya tidak memberikan izin kapada Kartini untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Mengetahui sikap sang ayah, Kartini merasa sangat sedih tetapi dia tidak dapat mengubah keputusan ayahnya.

Peristiwa dan Masalah

Kartini tidak diperbolehkan keluar rumah sampai waktunya menikah atau istilah lainnya dipingit. Untuk dapat menghilangkan kejenuhannya, Kartini pun menghabiskan banyak waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki.

Hobbinya yang gemar membaca ini menjadi rutinitas harian Kartini. Bahkan, terkadang dia bertanya kepada ayahnya jika ada hal yang tidak dipahami.

Secara perlahan, pengetahuan yang dimilikinya semakin bertambah dan wawasannya pun menjadi lebih luas.

Peristiwa dan Masalah

Banyak sekali karya dan pemikiran wanita Eropa yang telah dikaguminya. Terlebih lagi kebebasan mereka untuk dapat terus bersekolah. Rasa kagum tersebut sangat menginspirasi Kartini untuk bisa memajukan wanita di Indonesia.

Kartini beranggapan bahwa wanita tidak hanya harus bisa dalam urusan belakang rumah tangga saja. Namun lebih dari itu, wanita juga harus bisa dan memiliki wawasan serta ilmu yang lebih luas lagi. Kartini pun mulai bertindak untuk mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajari membaca dan menulis. Semakin hari, dia semakin sibuk dengan kegiatan membaca dan mengajarnya.

Peristiwa dan Masalah

Kartini juga memiliki banyak teman di Belanda dan selalu menjalin komunikasi dengan mereka. Bahkan Kartini sempat memohon kepada Mr. J.H Abendanon supaya memberinya beasiswa untuk bisa menempuh pendidikan di Belanda.

Belum sempat permohonan itu dikabulkan, Kartini telah dinikahkan dengan Adipati Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat.

Menurut data sejarah, setelah menikah R.A  Kartini ikut bersama suaminya ke Rembang. Meskipun demikian, cita-citanya tidak padam begitu saja. Kartini sangat beruntung karena mempunyai suami yang selalu mendukung cita-citanya.

Berkat kegigihan dan dukungan dari sang suami, Kartini mampu mendirikan sekolah wanita di beberapa daerah. Seperti di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Malang, Cirebon, dan daerah yang lainnya. Pada saat itu, sekolah wanita dikenal dengan sebutan Sekolah Kartini.

Peristiwa dan Masalah

R.A Kartini adalah seorang wanita Jawa yang memiliki pandangan melebihi zamannya pada waktu. Walaupun dia sendiri terbelenggu  oleh zaman yang telah mengikatnya dengan adat istiadat. Pada tanggal 17 September 1904, Kartini telah meninggal dunia di usia 25 tahun, setelah melahirkan anak pertamanya.

Kartini merupakan salah satu wanita yang menjadi pelopor emansipasi wanita di pulau Jawa. Surat-surat korespondensinya dengan teman-temannya di Belanda akhirnya dibukukan oleh Abendanon yang diberi judul “Door Duistemis Tot Licht” atau yang kita kenal sebagai “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Buku tersebut merupakan sebuah buku yang banyak menginspirasi wanita di Indonesia. Tidak hanya wanita pada zaman itu, tetapi sampai pada saat ini.

Reorientasi

Sesuai dengan Keppres No.108 Tahun 1964, R.A Kartini resmi diberikan gelas menjadi seorah pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga telah menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.

Nama Kartini, sekarang ini diabadikan sebagai nama jalananan di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya di beberapa kota di Indonesia saja, tetapii juga di kota-kota di Belanda. Seperti di kota Trecht, Venlo, Amsterdam, dan Harleem.

Bahkan WR. Supratman juga telah membuat sebuah lagu untuk mengenang jasa-jasa yang telah dilakukan oleh RA. Kartini. Lagu yang dibuat oleh WR. Supratman tersebut berjudul ‘Ibu Kita Kartini”