Contoh Teks Prosedur Sederhana Beserta Tujuan, Struktur dan Unsur Bahasa

Text Prosedur Sederhana – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang teks prosedur. Namun pembahasan kali ini akan lebih cenderung pada contoh teks prosedur. Dengan harapan setelah anda melihat beberapa contoh yang telah kami berikan anda bisa membuat teks prosedur sendiri.

Bagi anda yang masih belum mengerti materi teks prosedur ini sama sekali, anda tidak perlu khawatir lagi. Karena kali ini kami akan membahas tentang teks prosedur secara lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan pembuatan dan juga contoh teks prosedur. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah suatu karya tulis yang dibuat dengan menggunakan tahapan atau langkah. Atau merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan mengenai langkah-langkah membuat, menyusun, dan melakukan sesuatu. Teks ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Selain dapat mempermudah pekerjaan manusia, jenis teks yang satu ini juga mempunyai tujuan lain. Salah satunya, apabila mengerjakan sebuah pekerjaan manusia harus melakukannya dengan metode yang sudah ditentukan. Atau bahasa singkatnya yaitu supaya kita tidak mengerjakan suatu pekerjaan dengan asal-asalan.

Dengan alasan tersebut, teks prosedur merupakan sebuah karya tulis yang sangat diperlukan manusia. Sebab, dengan mengikuti langkah-langkah sebuah pekerjaan diharapkan bisa mencapai hasil yang diharapkan.

Tujuan Teks Prosedur

Sebuah pekerjaan dilakukan tentu mempunyai tujuan yang harus dicapai, baik itu untuk dirinya sendiri atau orang lain. Begitu pula dengan teks prosedur, karya tulis yang satu ini dibuat dengan tujuan tertentu. Akan tetapi karya tulis ini tidak banyak mempunyai tujuan, hanya beberapa saja.

Tujuan yang paling utama adalah untuk memberikan sebuah petunjuk atau arahan tentang suatu pekerjaan yang dituliskan dalam sebuah bidang. Pastinya cara yang disampaikan adalah cara yang mengukiti prosedur. Supaya kita bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan benar.

Struktur Teks Prosedur

Sama seperti karya tulis pada umumnya, dalam penyusunan teks prosedur penulis juga harus memenuhi struktur karya tulis ini. Berikut ini adalah beberapa struktur teks prosedur yang harus diperhatikan :

  • Bagian pertama adalah tujuan pembuatan atau yang biasa disebut dengan pendahuluan.
  • Bahan atau materi yang akan diulas menjadi topik permasalahan.
  • Langkah-langkah atau steps (pada bagian ini pengarang wajib menjelaskan secara detail mengenai langkah-langkah dalam melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan prosedur).

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur dapat dibedakan menjadi dua macam, dan perbedaan dalam karya tulis ini lebih cenderung pada tujuan teks prosedur sendiri. Berawal dari perbedaan dalam tujuannya inilah yang dapat menentukan struktur dalam sebuah teks prosedur.

Teks prosedur terdiri dari dua bagian, yaitu :

  • Teks prosedur yang memerlukan bahan atau material dalam melakukan suatu pekerjaan. Pada umumnya teks ini digunakan untuk membuat sesuatu atau melakukan suatu pekerjaan tertentu. Seperti misalnya memasak, menanam pohon, mencangkok tanaman dan lainnya.
  • Teks prosedur yang tidak memerlukan material atau bahan dalam melakukan suatu pekerjaan. Untuk teks ini pekerjaan yang dilakukan benar-benar murni tanpa memerlukan material atau bahan. Pada umumnya teks ini digunakan untuk mengoperasikan sesuatu atau membuat sesuatu yang berkaitan dengan internet seperti misalnya facebook, email, twiter, dan lain sebagainya.

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Dalam penyusunan teks prosedur, penulis harus memenuhi unsur kebahasaan dalam penulisan teks prosedur. Untu lebih jelasnya, mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

  • Untuk teks prosedur yang berbahasa Inggris maka penulis harus menggunakan waktu kekinian (simple present tense).
  • Teks prosedur berisi arahan dalam melakukan suatu pekerjaan, sehingga harus mengandung kalimat perintah.
  • Dalam penulisan sebuah teks prosedur maka harus jelas, singkat, dan informatif.
  • Adanya kalimat aktif dan pasif.
  • Dalam kalimat perintah, pengarang harus menggunaan satuan berat, panjang, waktu dan lainnya, supaya pembaca lebih paham.
  • Dalam menuliskan satuan pada kalimat perintah, pengarang harus memakai perhitungan yang pasti. Misalnya saja tambahkan 2 sendok teh garam dan lainnya.
  • Selain harus mengandung kalimat perintah, juga harus menyertakan kalimat keterangan atas perintah tersebut.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Setelah membahas tentang pengertian, ciri-ciri dan struktur teks prosedur. Pembahasan berikutnya kami akan memberikan beberapa contoh teks prosedur. Langsung saja, simak beberapa contoh teks prosedur berikut ini.

Cara Membuat Blogspot

Belakangan terakhir ini banyak sekali orang yang mulai masuk dunia blogger, apalagi semenjak internet banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu sebabnya adalah karena media ini mempunyai banyak manfaat, baik itu untuk dirinya sendiri ataupun untuk orang lain. Salah satu manfaat dari blogspot yaitu sebagai sarana untuk mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya jika blog yang sedang kita kelola mempunyai banyak pengunjung, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Karena mempunyai banyak manfaat, maka tak sedikit orang yang ingin masuk dunia blog. Bagi anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat blog, berikut ini kami akan memberikan cara atau langkah-langkah dalam membuat blog.

  1. Pertama, bukalah aplikasi browser di dalam laptop atau komputer anda.
  2. Bagi anda yang masih belum memiliki email, anda harus membuat email dahulu. Untuk blogspot biasanya akan menggunakan gmail.
  3. Setelah masuk pada halaman utama google, langsung ketikkan “Blogspot.com” di kolom pencarian.
  4. Setelah berhasil masuk, maka daftarkan email yang sudah anda buat sebelumnya.
  5. Setelah berhasil masuk, anda pun akan segera sampai pada lembar kerja blog. Dengan demikian anda bisa langsung mengisikan judul dan alamat untu blog tersebut. Selain itu, anda juga dapat merubah tampilan blog anda tersebut menjadi lebih menarik dengan tema yang sudah disediakan oleh pihak blogger.

Cara Mematikan Komputer

Komputer merupakan salah satu benda yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Terutama bagi para pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan ataupun kantor. Dalam melakukan pekerjaannya, mereka tidak akan lepas dari benda yang satu ini.

Namun salah satu kendala yang seringkali dialami para pegawai adalah komputer yang sangat lelet dan lemot. Saat kompoter yang sedang digunakan semakin berkurang kecepatannya maka bisa dipastikan bahwa kualitas pekerjaan juga akan menurun. Salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan komputer menjadi sangat lelet adalah ketika mematikan komputer langsung di pencet tombol power.

Cara tersebut memang terbilang sangat mudah, karena cara ini hanya dilakukan dengan satu langkah saja yakni pencet tombol power. Namun cara ini sangat tidak baik untuk komputer atau laptop anda, hal ini dikarenakan cara tersebut bisa menyebabkan laptop menjadi rusak. Maka dari itu, untuk menjaga komputer anda agar tetap awet maka anda bisa lakukan langkah-langkah dibawah ini, ketika mematikan computer.

  1. Langkah pertama adalah klik start.
  2. Lalu klik tombol yang terdapat di pojok kanan bawah yang bertuliskan “Shut Down” klik tombol ini.
  3. Setelah anda sudah klik tombol tersebut maka akan keluar dengan sendirinya. Hal ini berarti bahwa langkah yang anda lakukan berhasil.
  4. Tunggulah sampai beberapa saat karena komputer tersebut sedang dalam proses mematikan.
  5. Apabila kipas yang terdapat di CPU sudah tidak lagi berputar maka hal itu menandakan bahwa komputer anda tersebut benar-benar sudah dalam keadaan mati.