Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap Dengan Ciri-Ciri dan Jenisnya

Contoh Argumentasi – Apabila dilihat sekilas, paragraf argumentasi tidak jauh berbeda dengan paragraf eskposisi. Yang membedakan hanyalah paragraf argumentasi ini lebih cenderung membuat pembacanya meyakini apa yang sedang mereka baca.

Sedangkan paragraf eksposisi lebih cenderung memberikan informasi tanpa memaksa pembaca untuk meyakininya. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas secara lengkap tentang paragraf argumentasi beserta contohnya.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan menjelaskan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi pengarangnya.

Tujuan dibuatnya paragraf argumentasi adalah untuk menyakinkan sekaligus mempengaruhi agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat pengarang.

Agar tujuan dapat tercapai, paragraf argumentasi harus berdasarkan dengan fakta-fakta aktual seperti hasil research, data, teori, ahli, contoh, dan lainnya.

Hal ini dilakukan untuk dapat memperkuat pendapat yang diuraikan dalam paragraf argumentasi, sehingga pendapat anda tidak hanya sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin hingga akhirnya sependapat dengan pemikiran anda.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Berdasarkan penjelasan diatas, suatu paragraf bisa dikatakan sebagai paragraf argumentasi jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  • Paragraf argumentasi berisi pandangan, pendapat dan keyakinan pengarang terhadap persoalan.
  • Mempunyai data faktual yang digunakan untuk meyakinkan para pembaca.
  • Memaparkan suatu persoalan dengan cara menganalisa dan memberi sebuah analogi.
  • Diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pendapat yang lebih luas dan bukan merupakan penegasan ulang topik utama.

Jenis Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi dapat dibedakan menjadi dua jenis yang menurut cara pengembangan topik utama, yait paragraf argumentasi sebab-akibat dan paragraf argumentasi akibat-sebab.

  1. Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat dimulai dengan pendapat yang berupa sebab-akibat dari sebuah persoalan tertentu yang kemudian diarahkan pada satu kesimpulan universal dan dinamakan dengan akibat dari sebab-sebab tersebut.

  1. Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf ini diartikan sebagai kebalikan pengembangan paragraf argumentasi dan berpola sebab-akibat. Untuk paragraf akibat-sebab pengembangannya dimulai dengan menjelaskan suatu kondisi dan merupakan efek dari suatu persoalan.

Dari sini kemudian paragraf dikembangkan menuju inti persoalan dan menjadi penyebab ataupun pemicu munculnya kejadian tersebut.

Kumpulan Contoh Paragraf Argumentasi

Nah, setelah anda mengetahui tentang pengertian, ciri-ciri dan jenis paragraf argumentasi, pembahasana berikutnya kami akan memberikan contoh teks argumentasi. Apabila anda masih bingung dalam menyusun paragraf argumentasi, maka berikut ini kami akan membahas beberapa contoh paragraf argumentasi dari berbagai tema yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

  1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan 1

Saat ini pendidikan di Indonesia masih tertinggal sangat jauh dengan pendidikan yang berada di negara-negara lainnya yang ada di dunia. Bahkan Indonesia masih terbilang kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura dalam dunia pendidikan.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pendudk mereka yang mendapatkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Sedangkan di Indonesia sendiri, jumlah penduduk kita yang masih memperoleh pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan negara-negara yang lainnya. Terutama di daerah-daerah terpencil seperti di NTB, NTT, Papua, dan masih banyak lagi daerah yang lainnya.

Ketertinggalan pendidikan di beberapa daerah terpencil ini disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Negara Indonesia. Pemerintah hanya lebih memprioritaskan pembangunan fasilitas pendidikan di daerah perkotaan, terutama di Pulau Jawa.

Selain itu, semakin terbatasnya jumlah guru yang berada di daerah terpencil tersebut juga dapat menciptkan semakin jauhnya akses pendidikan yang terdapat di daerah.

Pada akhirnyya, pendidikan di Indonesia kita menjadi tidak merata dan tertinggal, sehingga Indonesia masih belum mampu bersaing dengan negara-negara lain yang ada di dunia.

  1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan 2

Sekolah SMAN 1 Kasih Bunda merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Banyak sekali siswa-siswa berprestasi yang telah dicetak oleh sekolah ini.

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya juara-juara Olimpiade yang bermuara dari sekolah ini. Lebih dari itu, prestasi lain yang juga sangat membanggakan selain di bidang akademik adalah bidang olahraga dan kesenian.

Pada tahun lalu Sekolah SMAN 1 Kasih Bunda ini mengirimkan 20 atlet yang telah mewakili Indonesia dalam ajang kejuaraan Sea Games. Selain itu, paduan suara sekolah ini juga telah ikut berpartisipasi dalam kontes paduan suara tingkat internasional di Barcelona, dan Spanyol.

Prestasi yang sangat membanggakan ini tidak terjadi begitu saja, ini semua karena latihan dan juga kerja keras guru-guru serta pihak komite sekolah yang selalu memegang komitmen untuk bisa menghasilkan anak didik dengan lulusan unggulan.

  1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sosial Budaya

Perilaku remaja saat ini memang sudah sangat menyimpang jauh dari nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat kita.

Hal ini dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah kurang tersaringnya budaya barat yang masuk ke Indonesia. Budaya-budaya barat tersebut dinilai contoh kehidupan yang baik sehingga dijadikan sebagai suatu kebiasaan baru oleh kalangan remaja saat ini.

Namun sayangnya, perilaku yang ditiru oleh masyarakat kita adalah perilaku yang buruk seperti seks bebas, narkoba, dan lain sebagainya.

Faktor kedua adalah kurangnya pengetahuan akan ilmu agama yang dipelajari oleh para remaja. Padahal ilmu agama ini sangat penting sekali dan juga bermanfaat, karena bisa mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang tidak baik.

Faktor yang terakhir adalah kurangnya pengawasan dari orang tua. Orang tua memiliki peran penting terhadap perilaku dan pergaulan anak-anaknya.

Orang tua yang tidak peduli dengan anaknya bisa membuat mereka merasa tidak disayangi. Sehingga mereka pun mencari rasa sayang itu di luar keluarga yang lebih cenderung ke dalam hal negatif dan pastinya bersifat semu seperti misalnya minum alkohol, club malam, narkoba, dan seks bebas.

Hal ini mengakibatkan perilaku remaja sekarang ini tidak mencerminkan budaya luhur bangsa kita dengan nilai dan norma yang ada.

  1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

Biaya pendidikan di Indonesia sekarang ini bisa dikatakan sangat mahal. Meskipun pemerintah sudah banyak memberikan bantuan, namun tetap saja siswa-siswa diwajibkan membayar biaya untuk keperluan sekolah seperti seragam, buku dan lain sebagainya.

Biaya pendidikan yang mahal tersebut tidak hanya pada sekolah dasar saja, namun juga sampai di perguruan tinggi.

Banyak sekali anak yang sudah lulus dari SMA lebih memilih untuk bekerja daripada melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga hal ini membuat pendidikan di Indonesia menjadi tidak merata dan hanya fokus pada orang yang mampu. Sementara bagi orang yang kurang mampu, pendidikan tinggi hanyalah sebuah impian belaka.

Demikian informasi yang dapat kami sampai tentang contoh paragraf argumentasi. Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang sedang mencari contoh paragraf argumentasi sehingga bisa anda jadikan sebagai referensi. Terima kasih atas perhatiannya !!

Leave a Comment