Contoh dan Metode Penulisan Kata Pengantar Yang Benar

Kata Pengantar – Apabila anda sering membuat karya tulis seperti makalah, skripsi, tesis, novel dan lainnya pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah kata pengantar.

Dalam menyusun karya tulis, kata pengantar adalah komponen yang paling utama dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mengapa demikian? Ini karena karya tulis yang anda buat akan terlihat tidak baik dan tidak lengkap jika anda tidak mencantumkan kata pengantar.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar merupakan halaman yang berisi tentang ucapan-ucapan dari penulis atas terselesiakannya karya tulis yang sudah dibuatnya, entah itu tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terimakasih, tujuan dan manfaat dari penulisann serta  kritik dan saran yang membangun.

Selain itu, biasanya kata pengantar juga berisi mengenai kalimat penjelasan dan pengharapan yang berkaitan dengan tema beserta isi makalah yang ditulis oleh si penulis itu sendiri.

Apa Pentingnya Menulis Kata Pengantar?

Pada sebuah karya tulis yang berupa buku seperti biografi, buku pelajaran, ataupun buku novel pastinya anda sudah sering menjumpai kata pengantar di dalamnya. Selain itu, ada juga akan menjumpai bagian yang tak kalah penting lainnya yaitu daftar isi, daftar pustaka, dan lainnya yang secara tidak langsung akan memberikan pengaruh pada profesionalitas karya yang telah dibuat.

Pentingnya ditambahkan kata pengantar juga sebagai bentuk rasa hormat penulis karya tulis tersebut terhadap pembacanya. Perlu anda ingat juga bahwa dalam menyusun kata pengantar juga harus menggunakan bahasa yang baku dan menggunakan kalimat yang efektif.

Hal ini bertujuan agar para pembaca lebih mudah untuk memahami hal yang telah ditulis dalam karya tulis tersebut. Seseorang yang sudah ahli dalam merangkai kata, biasanya akan mempunyai kegemaran untuk membaca yang membuatnya tidak merasa kesulitasn dalam menulis sebuah karya tulis, begitu pula saat menulis kata pengantar.

Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar mempunyai beberapa struktur yang harus anda ketahui, yaitu :

  • Pembukaan

Bagian pembukaan merupakan bagian yang dimulai dari paragraf pertama sampai paragraf kedua yang berisi mengenai ucapan rasa syukur si penulis atau tim penyusun atas terselesaikannya karya tulis yang sudah dibuat. Umumnya ucapan terima kasih yang ada di bagian pembukaan ini ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pastinya disesuaikan dengan agama masing-masing. Seperti misalnya pada agama Islam, ucapan rasa terima kasih atau syukur ditujukan kepada Allah SWT.

Kemudian setelah ucapan rasa syukur akan dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang sudah membantu dalam proses penyelesaian penulisan karya tersebut. Sementara itu, urutan pihak-pihak yang bersangkutan biasanya disesuaiakan dengan seberapa besar pengaruh pihak tersebut dalam penulisan karya tulis.

Misalnya saja dalam pembuatan makalah tugas, maka nama pertama yang akan disebutkan dalam kata pengantar terutama pada ucapan rasa terima kasih adalah guru kelas yang sudah memberikan tugas. Baru setelah itu pihak-pihka yang mempunyai andil dalam penulisan makalah.

  • Isi

Bagian isi berisi tentang gambaran dari isi karya tulis yang sudah dibuat. Biasanya akan dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis. Setelah itu dijelaskan sedikit tentang pembahsan dan bagaimana penulis menuliskan isi tersebut dalam karya tulis.

Namun jangan sampai detail dalam menuliskan bagian ini, karena akan membuat kata pengantar anda menjadi terlalu panjang. Anda hanya cukup menjelaskan sedikit saja tentang isi dari karya tulis anda agar pembaca bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang karya tulis yang telah anda buat.

  • Penutup

Bagian penutup merupakan bagian yang berisi mengenai permohonan maaf dan harapan penulis dari karya tulis yang sudah dibuat. Permohonan maaf ini sifatnya lebih tertuju kepada pembaca jika nantinya menemukan adanya kesalah dari karya tulis anda. Sebab karya tulis seseorang tak akan lepas dari kesalahan dan pastinya mempunyai kekurangan.

Permohonan maaf memang harus ditulis karena penulis tidak mungkin bisa bertemu dengan para pembaca. Sehingga apabila ditemukan kesalah pada karya tulis yang sudah anda buat, setidaknya anda sudah memberikan permohonan maaf  pada bagian kata pengantar anda.

Kemudian untuk harapan, anda bisa menulis mengenai beberapa gambaran lebih lanjut dari topik yang anda  ambil dalam karya tulis anda, yang nantinya topik tersebut bisa anda angkat kembali tetapi dalam bentuk karya tulis baru dan dalam sudut pandang yang berbeda.

Cara Menulis Kata Pengantar

Pembahasan berikutnya yang penting untuk anda ketahui adalah bagaimana metode penulisan kata pengantar yang baik dan benar. Mengapa anda harus mengetahui hal ini? Ini bertujuan agar anda tidak bergantun pada contoh penulisan kata pengantar yang akan diulas dalam artikel ini.

Perlu ditegaskan kembali bahwa kata pengantar merupakan suatu curahan hati da pemikiran si penulis untuk para pembaca. Metode menulis kata pengantar tidak jauh berbeda isinya dengan pembahasan yang sebelumnya tentang struktur kata pengantar.

Pada bagian awal kata pengantar anda direkomendasikan untuk menyampaikan ucapan rasa syukur dan pujian anda terhadapa Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai contoh : Puji syukur, Alhamdulillah, dan lain-lain. Selain itu, berikan juga sedikit penjelasan singkat tentang materi dari karya tulis yang akan anda buat. Buat juga tujuan dan maksud anda menyusun karya tulis tersebut.

Tulis juga ungkapan rasa terimkasih anda kepada orang-orang yang sudah membantu anda dalam membuat karya tulis tersebut. Seperti misalnya dosen, teman, keluarga, sahabat dan lainya. Selain itu, anda juga menuliskan keinginnan apa saja yang telah anda harapkan melalui penulisan karya tulis yang  sudah anda buat.

Pada bagian akhir, jangan lupa untuk menulis ucapan permohonan maaf jika terdapat kekurangan pada kary tulis anda, dan tunjukkan juga ke para pembaca agar mereka berkenaan untuk memberika saran dan kritik mengenai karya tulis yang sudah anda buat.

Berikut ini adalah beberapa contoh dalam penulisan kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik Dan Benar

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang sudah memberikan kami semua kemudahan sehingga kami mampu menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya kami tidak akan mampu untuk menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam kami limpahkan kepada jujungan kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan banyak rasa syukur kepada Allah atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik ataupun akal pikiran, sehingga penulis sanggup menyelesaikan pembuatan makalah sebagai akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama yang berjudul “Kanker dan Pengobatannya”.

Penulis juga menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna dan banyak sekali kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan jika terdapat banyak kesalah dalam makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama guru Bahasa Indonesia kami Bapak Tanjung yang sudah membimbing kami dalam membuat makalah ini.

Demikian, semoga makalah dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Kediri, 29 Mei 2018

Penyusun